Prosedur Keberangkatan Penumpang (tujuan luar negeri)


RAHMAT WICAKSONO

223109060

DIII MTU-A 2009

TUGAS I

 

Sebelum  menuju kepada pokok pembahasan, saya ingin sedikit menjelaskan pengertian ground handling menurut buku pembelajaran yang saya baca selama ini. Ground handling berasal dari kata ground dan handling. Ground artinya darat atau di darat, yang dalam hal ini di Bandar udara (airport). Sedangkan handling berasal dari kata dasar hand atau handle yang artinya tangan atau tangani. To handle berarti menangani,melakukan suatu pekerjaan tertentu dengan penuh kesadaran. Handling berarti penanganan atau pelayanan. Secara etimologi ground handling di terjemahkan menjadi penanganan atau pelayanan pesawat udara selama berada di darat. Semua kata atau terminology tersebut-ground handling,ground services dan ground operation atau airport services-pada dasarnya memiliki dan mengandung maksud yang sama, yaitu merujuk kepada suatu aktivitas perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap para peumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pembantu pergerakan pesawat di darat dan pesawat terbang itu sendiri selama berada di Bandar udara, baik untuk keberangkatan (departure),maupun untuk kedatangan (arrival). Secara sederhana, ground handling atau tata operasi darat adalah pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pesawat di apron, penanganan penumpang dan bagasinya di terminal, serta penanganan kargo dan pos di cargo area.

Prosedur Keberangkatan Penumpang (Keberangkatan Internasional)

Hal  pertama yang harus di lakukan penumpang ketika baru tiba di Bandar Udara adalah menuju ke check in counter dari airline yang bersangkutan dengan membawa tiket dan bagasi. Setelah memeriksa tiket, paspor, visa, dan surat kesehatan milik penumpang, petugas check in counter akan menimbang bagasi untuk melihat apakah ada kelebihan berat atau tidak. Bila lebih, calon penumpang akan di kenakan biaya tambahan (excess baggage), dan petugas akan memberikan excess baggage tiket sebagai bukti pembayaran kelebihan tiket itu. Setelah proses tersebut selesai, petugas tersebut akan memberikan boarding pass dan potongan baggage claim tag,serta mengembalikan sisa tiket.

Selanjutnya, dari check in counter, di mana penumpang dibantu untuk membayar airport tax dan fiscal. Namun mulai tahun 2009, berdasarkan keputusan ditjen pajak, mulai januari 2009, pembayaran fiscal di hapus/ditiadakan. Setelah proses pembayaran stelah selesai, penumpang diarahkan menuju ke pemeriksaan imigrasi, lalu kemudian menuju ke boarding gate untuk menunggu boarding  time dan kemudian menuju ke proses terakhir yaitu masuk ke pesawat yang akan dinaiki penumpang tersebut.

 

Catatan :

Beberapa hal yang perlu disiapkan petugas check in counter antara lain :

  • Passenger manifest (passenger name list);
  • Boarding pass;
  • Baggage claim tag;
  • Label/tag lainnya seperti security tag, priority tag, fragile tag, group tag, name tag, checked baggage tag, dan sebagainya;
  • Excess baggage ticket;
  • Seat allocation untuk special sheet;
  • Purser information;
  • From passenger baggage weight sheet;
  • From passenger transfer message;
  • Limited release tag;

 

Langkah-langkah yang harus di lakukan petugas check in counter :

  • Menyapa penumpang dengan sopan di serati dengan senyuman yang tulus;
  • Meminta dokumen perjalanan penumpang seperti tiket,paspor, visa;
  • Mencocokkan tiket dengan PNL/PNR;
  • Menimbang bagasi milik penumpang
  • Menanyakan apakah penumpang tersebut memiliki permintaan khusus seperti tempat duduk, makanan dan lain-lain;
  • Jika semuanya sudah selesai, petugas harus memberikan boarding pass untuk penumpang disertai tiket dan dokumen perjalanan lainnya, memberitahukan waktu keberangkatan serta dimana ruang tunggunya;
  • Dan yang terakhir adalah mengucapkan terima kasih dan selamat jalan/ “have a nice trip.”
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: