Inginnya sih Keliling Dunia, tapi…


Oleh : Ratu Aulia Rahimah

224109011

S1-ZUH 09

Pernah punya cita-cita pergi keliling dunia nggak sih? Rasanya hampir di setiap benak kita muncul keinginan itu. Ingin deh melihat keindahan kota Seoul, keunikan Tokyo, keeksotisan Bangkok, bahkan lebih jauh lagi bercita-cita ingin keliling Eropa! Rasanya benar-benar di luar bayangan.

Sampai saat ini pasti kita sulit untuk mewujudkannya. Masalahnya cuma satu : MONEY. Kita sebagai mahasiswa sangat memiliki keterbatasan untuk hal yang satu ini. Berbagai macam tindakan kita lakukan, dari mulai menabung uang saku dari mama-papa, hingga buka bisnis sendiri. Tapi, sebenarnya itu juga tidak menutupi semuanya!

Hmm, yah harus bagaimana lagi. Kita mahasiswa belum memiliki penghasilan yang mapan, masih “meyusu” dengan orang tua, dan belum bisa hidup lebih mandiri. Memang nasib!

Tapi, jangan khawatir! Saya punya tip-tip yang mungkin bisa kita coba, untuk mendapatkan biaya cukup untuk keliling dunia! Berikut tipsnya :

  1. Minimal buat perencanaan perjalanan di sekitar Nusantara. Pilihannya pun banyak sekali, ada Jogja, Karimunjawa, Bali, Lombok, Bunaken, dsb. Budget pun tidak terlalu menguras dompet (dan keringat). Pengambilan lamanya perjalanan juga harus diperhatikan karena biasanya yang membengkakkan budget adalah biaya hotel/penginapan. Misalkan pergi dulu untuk 3 hari, maksimal 4 hari. Walaupun mungkin tidak semua tempat wisata dikunjungi, yang penting kita bisa menginjakkan kaki di tempat yang kita tuju.
  2. Selalu update perincian anggaran. Terutama jika kita ingin pergi ke luar negeri. Kurs mata uang asing kerap berubah, walaupun tidak terlalu signifikan. Hanya saja, sedikit sekali kurs berubah, itu bisa merubah nilai uang yang harus disiapkan! Andaikan kita ingin pergi ke Universal Studios Singapura. Perhatikan terus secara berkala kurs dolar Singapura terhadap Rupiah. Apabila bulan lalu 1 dolar sama dengan 7000 rupiah, lalu bulan ini naik menjadi 7057 rupiah, coba kalikan dengan harga tiket masuk Universal Studios 66SGD. Perbedaannya cukup jauh, bukan?
  3. Buka rekening di Bank. Ini memberikan keuntungan plus. Buat sebuah kelompok perjalanan dengan teman kalian, minimal 5 orang. Targetkan perjalanan, maksimal 1 tahun ke depan. Masukkan uang kalian setiap bulannya minimal Rp 100.000,00. Jika dikalikan 5, per bulan sudah Rp 500.000,00. Kalikan satu tahu. Kalian juga akan terpana dengan nilai uang yang tiba-tiba meningkat akibat dari pendapatan bunga! Enak, kan?
  4. Perbaiki nilai di kampus. Ini juga memberikan keuntungan. Jika nilai di kampus kita bagus, sudah pasti orang tua akan senang. Dan kalian bisa mulai “bermain peran”. Tegaskan pada orang tua bahwa kalian akan pergi berwisata bersama teman-teman pada tanggal sekian, dan kalian berjanji bahwa nilai kalian akan bagus untuk semester ini. Orang tua sangat senang dengan kompromi dari anaknya sehingga mereka mungkin bisa memikir lebih dari dua kali, kado apa yang akan mereka berikan jika anaknya mendapatkan nilai bagus. Tidak perlu menunggu orang tua berpikir, langsung saja ucapkan di depan mereka, “Uang buat jalan-jalan aja, Ma!”
  5. Urungkan niat untuk menghabiskan uang di Mall, sekecil apapun nilainya! Jika kita diajak hang out dengan teman-teman, tolak saja. Mereka pasti tahu maksud penolakan kalian. Atau, jika sudah punya pacar, beritahu dia bahwa kamu sedang menabung. Akan ada dua kemungkinan, dia akan memaklumi kamu, atau dia akan menraktirmu!
  6. Buka bisnis kecil-kecilan. Kumpulkan uang dari masing-masing kantong, dan buatlah modal. Sebagai contoh, untuk yang wanita bisa berbisnis aksesoris di kampus. Ambil keuntungan jangan terlalu tinggi karena nanti bisa tidak laku, dan hancurlah kalian. Uang sudah hilang, dan tidak ada keuntungan. Ambil keuntungan setidaknya setengah dari harga aslinya. Setidaknya uang kalian akan bertambah 50% ya kan?
  7. Tetap semangat menabung dan berdoa! Untuk yang dua ini adalah hal yang wajib. Semangat dan berdoa. Tuhan akan melihat niat kita dan suatu saat nanti pasti doa kita akan dikabulkan.

Demikian saja mungkin yang bisa saya kasih, berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman. Mudah-mudahan saja bisa kalian coba sendiri. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: