Pentingnya Karantina Hewan dan Tumbuhan bagi Dunia Penerbangan


Nama : ANDITA PRATIWI

NIM     : 224109118

Kelas  : ZU09

Karantina adalah tindakan pencegahan masuknya hewan atau tumbuhan yang didalamnya terdapat virus penyakit yang bisa menular kepada manusia agar tidak masuk dan menyebar dan merugikan ke suatu wilayah negara tertentu. Menurut undang-undang No.16 tahun 1992 dalam pasal 5 menyebutkan persyaratan karantina adalah :

a)    dilengkapi sertifikat kesehatan dari negara asal dan negara transit bagi hewan, bahan asal hewan, hasil bahan asal hewan, ikan, tumbuhan dan bagian-bagian tumbuhan, kecuali media pembawa yang tergolong benda lain;

b)    melalui tempat-tempat pemasukan yang telah ditetapkan;

c)    dilaporkan dan diserahkan kepada petugas karantina di tempat-tempat pemasukan untuk keperluan tindakan karantina.

Setiap orang yang ingin melakukan kegiatan penerbangan dengan membawa hewan peliharaan ataupun tumbuhan maka petugas karantina wajib memeriksa nya terlebih dahulu dan memastikan bahwa hewan atau tumbuhan tersebut tidak terinfeksi dari virus penyakit yang berbahaya. Tidak hanya hewan atau tumbuhan yang berasal dari barang bawaan penumpang, ekspor ataupun impor yang bertujuan untuk kegiatan perdaganganpun harus tetap dikarantina karena saat ini banyak masalah yang timbul akibat lalulintas masuk dan keluarnya hewan dan tumbuhan kesuatu negara. Contoh penyakit berbahaya yang ditularkan oleh hewan kepada manusia adalah sapi gila , antrhax, flu burung , flu babi dan sebagainya.

Belum lama ini di Indonesia sedang marak mewabah nya kasus flu babi, virus yang bearasal dari Meksiko dan Amerika serikat ini telah memakan banyak korban dan ratusan penderita nya. Virus H5N1 ini dapat menular melalui udara maka penanggulan di bandar udara pun diperketat. Bandar udara memasang detector di pintu kedatangan Internasional untuk memeriksa setiap penumpang pesawat yang datang dari luar negri. Dan juga penggunaan masker bagi seluruh pekerja di bandar udara untuk meminimalisasikan penyebaran virus tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: