KEHILANGAN BAGASI DIBANDARA


NAMA                  : FAUZIAH MAULIDA

NIM                       : 224109149

KELAS                  : D S1-MTU

 

Bermula akibat dari kelalaian atau kecerobohan yang ditimbulkan oleh petugas yang kurang mewaspadai adanya kepemilikan barang-barang yang dimiliki oleh para penumpang yang bertujuan untuk melakukan perjalanan baik ke luar kota ataupun luar negeri,seperti halnya pada tahun 2010 ada lebih dari dua juta tas atau koper yang hilang,rusak, terlambat sampai kepada pemiliknya dan tercecer tidak jelas. Artinya, ada sekitar 357 dari 1.000 penumpang yang kehilangan koper saat dititipkan di bagasi. Kenapa angka tersebut bisa cukup tinggi? dan hal yang sama mungkin juga bisa terjadi pada kiriman cargo ?mungkin dengan salah satu cara yang jitu untuk kita menghindari terjadinya hal-hal yang telah di sebutkan di atas maka kita perlu mencermati sesuatu hal yang bisa di pahami agar kejadian yang sama tidak terjadi di kemudian hari nanti yaitu :

  • Label atau tanda pada tas (koper) yang di berikan oleh petugas bandara terlepas ataupun terjatuh akibat adanya gesekan dari benturan yang tanpa kita sadari lalu tanda yang digantungkan pada bagasi kita sudah tidak terpasang lagi di barang yang kita milki.
  • Ada kemungkinan juga terjadi kesalahan oleh pemilik tas atau koper yang ceroboh dan tidak mengetahui adanya barang bawaan yang dibawa,atau bisa juga pemilik baru teringat setelah tidak adanya barang bawaan yang dibawa dalam jangka waktu yang cukup lama.
  • Pihak dari pengawasan bagasi yang salah menuliskan atau memberi petunjuk untuk menempatkan barang bawaan yang dibawa, Sebagaimana diketahui bahwa tujuan bandara untuk barang kiriman selalu ditulis dalam tiga huruf (tree letters code – TLC), misalkan CGK (cengkareng), SUB (Surabaya), SRG (Semarang), BPN (Balikpapan) dan sebagainya.  Misalnya ada  cargo untuk tujuan DJB (jambi) dan di barang ditulis DJJ (jayapura), maka bisa dipastikan barang akan
  • Kejadian yang tidak diinginkan misalkan seperti kejadian pencurian dengan motif di sengaja ataupun tidak disengaja oleh pihak terdekat dan bagasi pun sama sekali tidak dapat ditemukan.
  • Cargo berada di pesawat yang salah atau tidak sesuai dengan tujuan yang akan kita gunakan dalam melakukan perjalanan bisa juga itu berasal dari kesalahan manusia (human error),tetapi bila sudah terdapat tanda pemberitahuan yang jelas maka ada kemungkinan bagasi dapat di kirim oleh pihak bandara yang menangani masalah bagasi yaitu dibagian Cargo.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: