Mencongkel Koper Di Bandara Soekarno Hatta


Nama : Darwin Simanjuntak

Nim    : 2241.06.201

Kelas :  S1/MTU/D


Hanya sekedar sharing tentang pengalaman yang saya alami. Apa yang tidak pernah saya pikirkan tentang kejahatan di Bandara Soekarno-Hatta akhirnya saya alami. Sebelumnya saya sering mendengar dan membaca tentang kejahatan atau kenakalan petugas yang bekerja untuk memasukan barang bagasi penumpang ke dalam pesawat. Banyak yang sudah mengalaminya dan akhirnya hari ini saya juga mengalaminya.

Seperti penumpang kebanyakan, saya memasukan tas saya yang berisi pakaian dan peralatan hp (charger,dll) kedalam tas koper. Sebelumnya saya sudah men-cek bahwa tas saya sudah tergembok dimasukkan ke dalam bagasi pesawat, sekali lagi koper tersebut resletingnya sudah saya kunci pake gembok, dan saya pikir karena sudah digembok maka akan aman.

Setelah sampai di Bandara Soekarno-Hatta tidak ada kecurigaan sedikit pun kalau koper saya akan dibuka, karena saya ‘merasa’ pasti aman dan tidak akan dibuka (selama ini saya tidak pernah mengalami kejadian aneh di Soekarno Hatta). Sampai di bandara Polonia, Medan, saya antri untuk pengambilan bagasi. Waktu ambil di Bandara saya lihat gembok masih utuh dan resleting tidak rusak jadi saya rasa tidak ada apa-apa. Langsung saja saya menuju mobil yang menjemput saya, dan menuju ke tempat tujuan Beringin , Medan. Barang-barang saya juga pikir masih aman-aman saja, tidak ada kecurigaan sama sekali.. Nah pas sampai rumah barulah ketahuan bahwa koper itu bermasalah. Ternyata gemboknya rusak seperti bekas ada yang mencoba untuk membuka!!!

Wah pikiran sudah mulai tidak enak…. Kunci gemboknya tidak bisa digunakan untuk membuka karena lubangnya rusak. Segera mengambil tang   untuk membuka gembok tersebut. Thanks God tidak ada barang yang hilang. Hanya gembok itu yang rusak. Namun hati ini tetap jengkel. Kok masih ada petugas ‘urakan’ yang tidak tahu malu untuk buka-buka tas orang. Pernah saya baca bahwa pencurinya itu canggih banget karena resleting tidak rusak bahkan kunci gembok tidak rusak. Ada teman yang mengatakan memang ada cara untuk membuka resleting yang digembok lalu ditutup lagi tanpa ada bekas sedikitpun.

Kejahatan sekarang makin canggih. Jadi buat rekan-rekan harap waspada kalau bawa tas dengan kunci gembok dan berhati hatilah jika meletakkan barang berharga di dalam koper ketika koper tersebut harus masuk bagasi pesawat. Lebih aman kalau koper itu dililit ama plastik (biasanya di bandara ada kan jasa untuk membungkus tas koper dengan plastik), jadi kelihatan kalo koper itu telah dibuka di dalam bagasi pesawat.

Semoga pihak bandara Soekarno Hatta bisa menangkap orang-orang yang usil tersebut supaya tidak ada lagi korban yang dirugikan.

Tinggalkan Balasan

