Menuju Kelas Dunia, Bandara Soekarno – Hatta Masih ‘Ribet’


Nama : Zulfiekar Anggorieo Pasambuna

NIM    : 224108225

Kelas  : M (S1 MTU)

Bandara Soekarno Hatta, sebagai gerbang utama Indonesiamasih menyimpan banyak permasalahan yang sangat kompleks. Padahal, bandara terbesar di Indonesiaitu akan menuju A World Class Airport pada tahun 2014 nanti.

Sebenarnya banyak permasalahan di Bandara Soekarno Hatta tapi masyarakat kita malas komplain karena kalau komplainpun tidak berubah. Menurut saya, permasalahan yang kerap terjadi di Bandara Soekarno Hatta saat ini adalah perparkiran dan toilet yang sangat tidak nyaman, semrawut dan tidak baik. Tidak heran yang saya ketahui di dua tempat tersebut banyak komplain dari pengguna jasa. Namun, dari komplain tersebut tidak ada solusi yang dilakukan pengelola.

Seperti ilmu yang Saya terima pada mata kuliah Ground Handling, yang mana dalam IATA Airport Handling Manual, 810 Annex A, Tahun 2004, tertera sangat jelas sekali pada Section 3, yakni RAMP Service ada point yang menjelaskan tentang Parking dan Toilet Service.

Harusnya, setiap ada ketidaknyaman yang terdapat dalam ruang publik, jangan diperbaiki setelah mendapat komplain, tetapi dengan adanya IATA Airport Handling Manual, 810 Annex A, Tahun 2004, bisa menjadi gambaran dalam memaksimalkan pelayanan. Ruang publik seperti yang terdapat di Bandara Soekarno Hatta harusnya sedapat mungkin memberikan rasa nyaman dan tidak semrawut.

Kendala yang lain mungkin terdapat pada Manajemen SDMnya. Dengan buruknya SDM, maka jangan bicarakan bila layanan yang diberikan akan berjalan baik. Untuk membuat suatu manajemen yang baik maka harus menerapkan tiga langkah. Yakni, penegakan aturan atau dispilin, pengawasan dan law enforcement. Oleh karena itu, jika menginginkan pengelolaan suatu organisasi berjalan baik maka harus membuang rasa iba atau kasihan.

Agar suatu organisasi berjalan dengan baik maka harus taat aturan. Pujian akan menghantar kita kepada jurang, tapi kritikan akan membuat kita selamat. Karena dengan adanya kritikan atau saran akan membuat kita menuju perubahan-perubahan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: