WAW ! TERNYATA KPK SEJAK LAMA BEKINGI GARUDA


Nama : Nabila Rachmadina

NIM     : 2241-09-332

Kelas : ZU-09

Anda tahu Tommy Suharto ? Ya, siapa yang tidak mengenal Beliau. Anak seorang petinggi Negara, mantan orang nomor 1 di Indonesia. Tepatnya Desember 2009 lalu Tommy Suharto ternyata telah menggugat pihak Garuda, dikarenakan pemberitaan pada majalah internal maskapai Garuda.  Majalah ini yang  setiap bulan dibagikan disetiap bangku penumpang Garuda. Siapa saja yang naik pesawat Garuda bisa membaca majalah tersebut. Majalah ini menyuguhkan sebuah artikel yang berjudul “New Destination to Enjoy in Bali”. Pada awalnya isi artikel itu masih wajar-wajar saja, yang menjelaskan tentang Kuta Bali, golf area, arung jeram dan sebagainya. Tetapi ada catatan kaki yang menuliskan bahwa Tommy adalah pemilik kawasan itu, alhasil berita tersebut membuat Anak Mantan Presiden RI ke-2 ini pun menjadi geram. Sehingga pada akhirnya Tommy mengajukan gugatan kepada Garuda.

Lalu menariknya yang menjadi pembela Garuda adalah kantor hukum milik Chandra Assegaf Hamzah (Wakil Ketua KPK). Garuda ini adalah sebuah perusahaan BUMN yang didalamnya terdapat keuangan negara, bukan suatu hal yang tidak mungkin kalau suatu saat nanti KPK menangani masalah-masalah yang melibatkan garuda. Sehingga disarankan agar Garuda tidak memakai Lawfirm Chandra Assegaf Hamzah dan Partner.

Pada tanggal 7 April 2011 lalu, Emirsyah Satar, direktur utama Garuda Indonesia sempat dicecar oleh Maiyasyak Johan, salah satu anggota Komisi XI DPR. Maiyasyak mempertanyakan soal Garuda yang memakai kantor hukum milik Chandra itu. “Itu menimbulkan conlict of interest,”  tutur Maiyasyak

Dengan ini menimbulkan banyak pendapat dan analisa dari berbagai pihak lainnya yang tidak menyetujui Garuda memilih Lawfirm tersebut sebagai pembela nya. Salah satu nya adalah tanggapan yang disampaikan oleh Presiden Kongres Advokat Indonesia (KAI), Bapak Indra Sahnun Lubis, beliau mengatakan“KPK melarang advokat mendampingi saksi, kok sekarang anggota KPK malah jadi pembela Garuda”. Beliau juga memberikan analisa nya sebagai berikut ini “kalau ada kesalahan-kesalahan di Garuda, bisa jadi malah akan dilindungi oleh KPK”.

Namun Ermisyah Satar tetap membela diri, menurutnya penetapan lawfirm milik Chandra Assegaf Hamzah dipilih melalui tender yang terbuka dalam rangka membantu IPO Garuda. Emirsyah pun menegaskan bahwa bukan hanya lawfirm saja yang dipilih melalu proses tender, tetapi semua profesi menunjang seperti lawfirm, notaris, underwriter dan lainnya, ditetapkan oleh Kementerian BUMN atas usul dari tim IPO.

Dari situ, kecaman terhadap garuda terus berdatangan, karena memakai Lawfirm Chandra Assegaf Hamzah dan Partner. Dan setidaknya kasus Tommy menggugat Garuda bisa menjadi sebuah tanda tanya yang besar, apa memang sudah lama kalau Garuda berupaya berlindung di balik KPK ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: