BELUGA, SI PESAWAT IKAN PAUS


NAMA                        : RETNO WULAN

NIM                 : 2241.09.060

KELAS          : ZU09

Sebuah pesawat ataukah seekor ikan paus? Perhatikan baik-baik gambar berikut ini..

Siapa yang menyangka gambar tersebut adalah sebuah pesawat? Pesawat dengan bentuk menyerupai seekor ikan paus tersebut bernama Airbus A300-600ST (Super Transporter) dibuat di Toulouse Prancis pada tahun 1994 dan populer dengan sebutan BELUGA.

Dari  data yang saya dapatkan di www.aerospace-technology.com/projects/stbeluga, Beluga memiliki ukuran panjang 56,15 m, tinggi 37,7 m dan lebar sayap 44.84 m. Dirancang untuk mengangkut bagian-bagian perlengkapan pesawat terbang dan kargo yang kelebihan beban. Menurut saya sangat disayangkan karena pesawat super ini tidak digunakan untuk mengangkut penumpang karena Beluga merupakan jenis pesawat kargo (freighter aircraft). Apabila dimodifikasi untuk mengangkut penumpang, mungkin Beluga akan diproduksi lebih banyak lagi. Hingga saat ini hanya terdapat 5 buah Beluga.

Pesawat pengangkut Rusia VM-T “Atlant” ini digunakan dalam program ruang angkasa Buran dan Energia. Kapasitas angkutnya dapat memuat 1 unit helikopter jenis HN90.

gambar : helikopter jenis HN90

Beluga mungkin merupakan satu-satunya pesawat yang sanggup mengangkut barang yang lebih besar dan juga lebih berat dari ukuran pesawat itu sendiri. Wow menakjubkan sekali!

Dengan adanya pesawat yang unik seperti ini, menunjukkan bahwa kemajuan tekhnologi telah melahirkan inovasi-inovasi canggih di dunia penerbangan. Saya berharap ini dapat menginspirasikan negara Indonesia agar dapat menggerakan dinamika pembangunan dan tidak ‘ketinggalan zaman’ dengan negara lain khususnya untuk di bidang transportasi udara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: