GIMANA SIH PESAWAT BISA TERBANG ?


Nama : Essy Rosa Wirabuana

Nim     : 224109282

Kelas  : Zu 09

Selama ini gak pernah kepikiran deh gimana caranya pesawat itu bisa terbang. Gimana mungkin pesawat yang begitu berat dan besar bisa terbang dan melayang di angkasa. Tapi semenjak saya kuliah di STMT TRISAKTI jurusan manajemen transportasi udara, saya baru tau jawaban dari itu semua. Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut ada beberapa hal yang perlu dicermati.

Apakah Aerodinamika itu dan apa fungsinya?

Aerodinamika adalah ilmu yang mempelajari gerak-gerak fluida (udara). Pada dasarnya semua benda yang bergesekan dimedanfluida akan selalu diperlambat akibat adanya gesekan dengan fluida. Dalam ilmu aerodinamika,gayaangkat ini bisa dihasilkan oleh benda yang bergerak dalammedanfluida, tapi akibatnya akan munculgayahambat. Untuk mengatasigayahambat ini, diperlukangayadorong yang berlawanan arah. Maka terciptalah baling-baling (propeler), mesin jet, atau yang lainnya.

 

Gaya Gravitasi

Semua benda bermassa termasuk pesawat hukumnya sama yaitu hukum gravitasi. Semua benda yang dilemparkan keatas akan jatuh ke bawah (gayaberat). Untuk mengatasigayaberat, maka harus dikerjakangayayang berlawanan, yaitugayaangkat.

Apakah Aerofoil itu?

Aerofoil adalah bentuk penampang sayap. Sayap diberi bentuk khusus untuk mendapatkangayaangkat. Udara yang melalui permukaan atas aerofoil akan mengalir lebih cepat daripada aliran udara dbawahnya. Tekanan udara diatas sayap lebih rendah daripada dibawahnya. Oleh karena itu sayap akan terangkat.

Empat gaya yang bekerja pada pesawat

Ketika pesawat terbang, ada 4gayayang bekrja. Pertama adalahgayaangkat (lift). Udara yang mengalir diatas sayap pesawat dan sudut sayap pesawat terhadap udara, bersama-sama menggerakan pesawat keatas. Untuk dapat bergerak maju, pesawat memerlukangayadorong (thrust).Gaya dorong dihasilkan oleh baling-baling atau mesin jet. Ketika pesawat terdorong maju, gayalain yang disebut hambatan (drag) menahannya.Gaya ini disebabkan oleh gesekan udara dengan pesawat ketika melaju diudara.Gayayang melambatkan pesawat diakibatkan oleh bentuk pesawat itu sendiri.Gayakeempat yang bekerja pada pesawat adalahgayagravitasi (gravity).Gayagravitasi menarik pesawat kebawah.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: