Pesawat asli made in INDONESIA


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU 09

IPTN?? Pasti di telinga orang yang berhubungan dengan penerbangan sudah tidak asing lagi mendengar kata ini . Tapi apa banyak yang tau tentang produktifitas dari IPTN yang sekarang menjadi PT. Dirgantara Indonesia . Belum tentu kan?!

Pesawat N – 250 adalah pesawat komuter asli buatan IPTN , huruf N sebagai Kode yang mengartikan Nusantara ,  memang sebelumnya IPTN bersama dengan CASA dari Spanyol telah membuat Pesawat Angkut Turboprop (mesin pesawat terbang dengan turbin gas terhubung ke baling – baling) yaitu CN – 235 yang menggunakan mesin GE CT7-7A yang pada awalnya diproduksi sebanyak 15 unit untuk series 10 .

Pada masa awal diluncurkan tahun 1995 , pesawat yang dikenal dengan sebutan GatotKoco atau GatotKaca ini banyak menjadi incaran karena keunggulan yang dimilikinya yaitu menggunakan mesin Turboprop 439 KW dan mampu terbang dengan kecepatan maksimal 610 km/jam (330 mil/jam) dan kecepatan ekonomis 555 km/jam yang merupakan kecepatan tertinggi di kelas turprop dengan kapasitas 50 penumpang. Ketinggian operasi 25.000 kaki (7620 meter) dengan daya jelajah 1480 km .

Nah sekarang kita lihat bagaimana pesawat N – 250 yang pernah dibuat IPTN .

Dengan panjang badan pesawat 26,30 meter , tinggi 8,37 meter , dan rentang sayap 28 meter . Pesawat ini dapat mengarumkan nama Indonesia sebagai Negara yang pernah membuat Pesawat Udara selain Amerika dengan Boeing nya dan Eropa dengan Airbus nya .

Tapi sayang nya sekarang pesawat N – 250 ini telah dihentikan produksinya karena krisis moneter tahun 1997 . Setelah perubahan Pemerintah , rencana nya Pesawat ini akan dirancang kembali tetapi dengan menurunkan performa mesin dan menghilangkan sistem fly – by wire (sistem kendali yang hanya menggunakan sinyal elektronik untuk memberikan perintah) guna untuk mengurangi biaya produksi dan meningkatkan harga saing di pasar Internasional .

Dilihat dari sisi lain mungkin pesawat ini dapat memberikan beberapa dampak positif bagi Indonesia apabila dapat dikembangkan dengan baik dan teliti dalam pengerjaannya .

Contoh manfaat yang dapat Indonesia peroleh :

  • Sebagai pengenalan Indonesia sebagai salah satu Negara yang pernah membuat Pesawat Udara asli buatan sendiri
  • Dapat dijadikan salah satu Pesawat Komersil apabila dikembangkan kapasitas penumpangnya dan pembaharuan mesin pesawat
  • Atau dapat digunakan sebagai Pesawat Kenegaraan yang dapat digunakan Presiden untuk melakukan kunjungan Negara
  • Dapat dijadikan sebagai acuan dan motivasi sehingga banyak dari generasi muda Indonesia dapat merancang dan mengembangkan Pesawat lain yang dapat bersaing di dunia Penerbangan Internasional

Itu hanya sebagian harapan dari saya untuk Pesawat Asli Indonesia yang sempat bersejarah di Dunia Penerbangan yang bahkan mungkin sekarang sudah tidak lagi dikenal orang . Berharap semoga Indonesia dan PT. Dirgantara Indonesia dapat kembali menguraikan prestasi untuk membangun nama INDONESIA di langit DUNIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: