Delay Penerbangan Tak Selalu Wajar


Nama : FITRI NISA UTAMI

NIM : 2241 09 297

KELAS : ZU

             Hampir setiap waktu di bandara, kita melihat kata “delayed” di flight information screen, ini pun tak ayal sangat menjengkelkan bagi sebagian penumpang yang terburu-buru maupun yang sangat anti dengan kata kata penundaan. Kadang juga bagi segelintir orang keterlambatan penerbangan yang mereka alami mebuat mereka dengan sangat terpaksa membatalkan penerbangan mereka, dan meilih mencari atau membeli jadwal penerbangan lain di maskapai yang berbeda.

            Memang delay penerbangan menjadi suatu hal yang wajar terjadi dalam setiap penerbangan, hal ini sebagian besar disebabkan manajemen waktu yang kurang, atau factor cuaca, operasional  yang membuat manajemen waktu suatu maskapai itu sendiri menjadi molor. Dalam setiap keadaan delayed, maskapai memang diwajibkan memberikan pelayanan ekstra seperti memberikan kompensasi berupa makanan atau minuman ringan hingga makanan berat.

            Namun ini menjadi tidak wajar apabila di banyak maskapai yang lain pun juga terjadi keterlambatan penerbangan, terlebih lagi jika keterlambatan tersebut sudah melewati batas yang dianggap wajar. Hingga dalam perkembangannya sampai sekarang, muncul kebijakan bahwa penumpang yang mengalami keterlambatan akan diberikan uang ganti rugi disamping pemberian konsumsi sesuai dengan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan No 77/2011 tentang asuransi keterlambatan, bagasi hilang, serta kecelakaan. Uang ganti rugi ini pun jumlahnya tidak sedikit, yakni bias mencapai tiga ratus ribu rupiah dengan catatan keterlambatan lebih dari 4 jam.

            Keadaan ini melecut setiap maskapai untuk membenahi manajemen waktunya, seperti Lion Air yang kerap kali mengalami keterlambatan penerbangan, hingga sempat diancam oleh Menteri Perhubungan akan dicabut beberapa rute penerbangannya. Tidak hanya Lion Air, Sriwijaya Air bahkan maskapai sekelas GarudaIndonesiapun berupaya untuk selalu memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam hal jadwal penerbangan. Namun hal itu juga memunculkan kegelisahan baru dalam setiap maskapai, seperti dimungkinkan akan naiknya harga tiket pesawat. Keadaan ini sangat bias saja terjadi, karena maskapai tersebut akan menutupi biaya kompensasi tersebut dengan kenaikan harga tiket tersebut.

            Untuk itu apabila kita mengalami delay dalam penerbangan kita, jangan pernah ragu untuk mendapatkan hak-hak kita tersebut. Dan apabila belum mengerti juga dapat menanyakan ke setiap petugas bandara. Karena kita akan selalu dirugikan pada setiap kata “delayed” dalam setiap penerbangan kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: