Metode “AIRLINE QUALITY RATING” Standar Kualitas Pelayanan Airline


Nama : Devi KusumaWardani

NIM     : 224109098

Kelas  : ZU 09

Hal yang cukup penting bagi kita sebagai pengguna jasa transportasi udara sebaiknya adalah mengetahui standar kualitas pelayanan maskapai penerbangan yang akan kita gunakan. Karena hal ini dapat menjadi tolak ukur bagi pencitraan dari masing-masing maskapai penerbangan. Melihat jumlah penumpang jasa transportasi udara yang terus menerus menunjukkan peningkatan yang menimbulkan perhatian bagi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara.

Makapemeriksaan rating pada maskapai penerbangan domestik di Indonesia yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara berdasarkan pada 20 parameter yang dijadikan standar keamanan dan keselamatan antara lain: perawatan pesawat, jumlah incident dan kecelakaan, kondisi crew, sumber daya manusia, administratif, operasi pesawat, dan lain-lain.

Rencana penilaian dengan metode “AIRLINE QUALITY RATING” seperti iniakan dilaksanakan setiap 3 bulan sekali. Sehingga peringkat perusahaan penerbangan bias diketahui, apakah kinerja dari maskapai penerbangan yang bersangkutan naik atau turun?

Rating terbagiatas 3 kategori, yaitu:

Kategori 1; dengannilai score lebihdari 161

Kategori 2; dengannilai score antara 120-161

Kategori 3; dengannilai score kurangdari 120

Keseriusan Dirjen Perhubungan Udara dalam membina keselamatan penerbangan penilaian terhadap maskapai penerbangan yang sebagaimana telah dilakukan di negara-negara lain seperti di Eropa dan Amerika Serikat dengan Metode “Airline Quality Rating” (AQR).

Pendapatsaya: Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sudah cukup berani dan jujur serta bijaksana telah mengeluarkan penilaian tingkat rating bagi maskapai penerbangan domestik. Dan lebih transparan dalam mengevaluasi serta menyebarluaskan informasi kinerja pelayanan maskapai penerbangan domestic di Indonesia agar dapat mengurangi tingkat kecelakaan dan memberikan kualitas pelayanan yang sesuai standar pelayanan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: