Passenger and Baggage


Nama : Stephanie Julia Putri.

NIM : 224109028.

Kelas : D

     Penumpang adalah orang yang menumpang atau orang yang naik. Jika kita akan pergi dengan menggunakan moda pesawat terbang, terdapat bebearapa prosedur sebelum kita naik ke pesawat tersebut dan kita sebagai penumpang wajib untuk mengikuti prosedurnya dengan patuh agar tidak menimbulkan masalah.

 Hal-hal yang perlu disiapkan oleh penumpang sebelum naik ke pesawat adalah pertama-tama sebelum kita ke check in counter kita harus membawa tiket pesawat yang sudah di booking sesuai dengan waktu yang tertera pada tiket tersebut, membawa tas pribadi yang akan dibawa ke pesawat, dan koper yang akan dimasukkan ke bagasi pesawat.

Tiket sudah diperiksa, lalu petugas check in counter akan menimbang jumlah berat bawaan yang ada pada koper tersebut. Jika kelebihan berat, penumpang akan dikenakan biaya excess baggage. Setelah itu kita akan diberikan boarding pass oleh petugas check in counter dan langsung ke pemeriksaan imigrasi lalu ke boarding gate untuk menunggu boarding time, setelah membayar airport tax dan fiscal tentunya.

Prosedur kedatangan penumpang jelas lebih mudah dibandingkan prosedur keberangkatan penumpang. Jika pesawat yang kita tumpangi sudah mendarat, maka hal pertama yang dilakukan sebelum pemeriksaan paspor, visa, dll adalah mengambil koper kita yang sudah diturunkan dari bagasi pesawat oleh petugas bandara tersebut. Setelah bagasi selesai, lalu penumpang dipersilahkan oleh petugas ke pemeriksaan pabean tentunya yaitu jalur hijau dan jalur merah, lalu keluar bandara. Jelas prosedur ini lebih singkat dibandingkan dengan keberangkatan penumpang.

Bagasi adalah barang yang dibawa oleh penumpang apabila akan bepergian ke suatu tempat tertentu. Semua bagasi penumpang, harus ditimbang. Jika koper kita sudah diperiksa oleh petugas check in counter, lalu koper kita akan diberikan baggage claim tag yang artinya koper penumpang sudah terdaftar pada waktu check in. Sebaiknya koper yang dimasukan dalam bagasi pesawat lebih baik barang-barang yang tidak berharga, jika ada barang-barang yang berharga sebaiknya dibawa di tas pribadi milik kita sendiri yang akan dibawa ke dalam pesawat sehingga lebih aman. Di dalam bagasi sebaiknya kita mencantumkan nama, nomor telepon, alamat. Apabila koper kita mengalami kehilangan, kerusakan, terbawa, tertinggal di bandara, sehingga yang mudah dilacak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: