si TOPAN ROKE


Nama :           Devy Sulianti

Nim     :           224109184

Kelas  :           zu – 09

Angin topan, siapa yang tak kenal angin topan ?. Semua orang pasti mengetahui apa itu angin topan. Bahkan sebagian orang pernah mengalami dan melihat angin topan itu seperti apa. Yup, angin topan merupakan pusaran angin besar dengan kecepatan yang tinggi. Angin topan roke baru-baru ini menerjang negeri sakura, Jepang.

Pada tanggal 21 september 2011, negara dengan perekonomian maju yang memiliki penduduk 128 juta orang, mengalami bencana besar yaitu angin topan Roke.  Sedikitnya 4 orang penduduk Jepang, tewas. 2 orang hilang dan lebih dari satu juta penduduk dievakuasi. Topan roke ini mengakibatkan hujan deras disertai angin kencang. Ratusan penerbangan dibatalkan, bahkan raksaan otomotif Toyota Motor Corp ingin menutup 11 pabrik di Jepang tengah.

Badan meteorologi Jepang mengatakan, angin topan Roke akan bergerak ke timur laut dengan kecepatan 35 km/jam dan diperkirakan akan menerjang Jepang tengah atau wilayah sekitar Tokyo. Pusat topan Roke ini berada di lepas pantai pasifik.

Buruknya keadaan alam seperti ini mengakibatkan transportasi di Jepang mengalami kelumpuhan dan 278 penerbangan dibatalkan. Itu sangat merugikan pihak airlines dan perekonomian negara Jepang. Penerbangan yang mendatangkan devisa pada saat itu terhenti. Ini dipengaruhi oleh penundaan penerbangan yang tidak diketahui batas waktunya untuk beroperasi kembali dan mengakibatkan banyak penumpang yang terlantar. Hal ini tidak dapat diantisipasi karena ini merupakan kejadian alam yang semua orang tidak dapat mengetahui kapan hal terburuk seperti ini melanda negara bahkan diri mereka sendiri.

Untuk mengatasi hal ini pihak airlines harus memberikan informasi kepada penumpang melalui media massa maupun elektronik, agar para penumpang mau mengerti delay nya penerbangan menuju Jepang disebabkan oleh bencana  alam berupa angin topan Roke. Serta bagi penumpang yang sudah merasa kecewa, pihak airlines harus bersedia mengembalikan uang sesuai dengan harga tiket tersebut.

ini adalah foto gelombang pasang menghantam penahan di Udono di sebuah kota pelabuhan Kiho, Jepang tengah, Rabu, 21 September, 2011.

Semoga berguna

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: