TUGAS I

Nama : Romi Ramadhan

NIM    : 223109066

Kelas  : D.III MTU (A)

 

GROUND HANDLING

Ground Handling berasal dari kata Ground (darat/ didarat) dan Handling  atau hand atau handle (tangan/ tangani). Jadi Ground Handling adalah suatu aktifitas perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pergerakan pesawat didarat dan pesawat terbang itu sendiri selama ada dibandara, untuk keberangkatan (Departure) maupun untuk kedatangan atau  ketibaan (Arrival).

Ground Handling memiliki batasan pekerjaan atau ruang lingkup yang meliputi:

1. Pre Flight

Kegiatan penanganan terhadap penumpang dan pesawat sebelum keberangkatan dibandara asal.

2. In Flight

Kegiatan pelayanan terhadap penumpang selama didalam pesawat.

3. Post Flight

 

Kegiatan penanganan terhadap penumpang, kargo, dan pesawat setelah penerbangandibandara tujuan.

Ground Handling mempunyai tujuan, target atau sasaran yang ingin dicapai, yaitu:

1. Flight Safety, yaitu memberikan perjalanan penerbangan yang aman bagi para penumpang.

2. On Time Performance, yaitu memberikan pelayanan penerbangan yang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah di tentukan.

3. Customer Satisfaction, yaitu memberikan pelayanan yang memuaskan bagi para penumpang.

4. Reliability, yaitu memberikan fasilitas dan layanan yang dapat di andalkan.

APRON

1. Ground Support Equipment

Adalah peralatan-peralatan bantu yang dipersiapkan untuk mendukung kebutuhan pesawat udara selama pesawat tersebut berada di darat, baik pada saat keberangkatan, kedatangan, maupun transit.

a. Apron Bus

Apron bus berguna sebagai alat transportasi penumpang untuk memindahkan penumpang dari boarding gate ke remote area.

b. Forklift

Forklift berguna untuk memindahkan kargo didalam gudang, alat ini jarang digunakan di area apron

c. Passenger Boarding Stairs

Passenger boarding stairs berguna sebagai tangga untuk naik penumpang dan aircrew kedalam pesawat.

2. Load Control

Adalah unit yang menerima data-data pesawat dan muatan dari beberapa bagian yang terkait yang kemudian harus dihitung untuk mendapatkan keseimbangan pesawat (weight and balance) yang optimum mengacu pada dua aspek yaitu safety dan economical operation.

a. Load Planning

  •  merekap semua data yang terkait dengan load
  • merencanakan penanganan special loads yang mengacu kepada adanya restrictions, maximum quantities,persyaratan pemisahan tempat dan lain-lain.

b. Weight and Balance Precalculation

  • membuat precalculation dari weight and balance dari pesawat dan hal ini merupakan mandatory pada pengerjaan loadsheet manual.
  • precalculation untuk sistem Departure Control System (DCS), dibuat pada saat weight and balance pesawat diperkirakan akan ditutup terkait dengan limit operational.

c. Completion Loading Instruction

  • menentukan distribusi
  • mencetak loading instruction
  • menandatangani loading instruction
  • melaksanakan briefing kepada petugas Load Master untuk pemuatan di pesawat.

Tujuan dari Load Control adalah memberikan panduan tentang aktivitas Load Control dalam menjalankan fungsinya sehingga diperoleh pelayanan yang aman dan benar sesuai ketentuan yang berlaku dan terjalin koordinasi yang baik dan efektif dengan pihak-pihak yang terkait, seperti :

  • mengusahakan maksimum payload pada suatu penerbangan.
  • menyusun muatan sesuai dengan urutan dan urutan destination load tersebut (Load Instruction).
  • memperhatikan factor Ramp Safety dan on time performance.

 

RAMP DISPACHTER

Segala aktifitas yang dilakukan dalam rangka memberikan pelayanan selama pesawat di darat dapat berlangsung dengan aman, tertib dan teratur sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku. Berlaku bagi setiap petugas Ramp (Ramp Dispatcher) sebagai panduan dalam melaksanakan aktifitas keseharian. Tanggung Jawab dari Ramp Dispatcher adalah Manager Operasi, Kadin Apron terkait (sesuai dengan Struktur Organisasi Cabang)    bertanggung jawab agar setiap aktifitas pesawat di darat baik untuk keberangkatan maupun kedatangan dapat berlangsung sesuai dengan ketentuan atau peraturan yang berlaku dan setiap petugas Ramp Dispatcher bertanggung jawab untuk mengawasi dan mengkoordinasikan segala aktifitas ramp berkaitan dengan keberangkatan ataupun kedatangan pesawat.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: