BOARDING KELAS EKONOMI DIDAHULUKAN, WHY????


Nama          :    DWI FITRIASARI

Nim             :    223109.009

Kelas           :    D.III-MTU/A

Tugas          :    Ground Handling  Ke-1

 

BOARDING KELAS EKONOMI DIDAHULUKAN, WHY????

Embarkasi atau sering disebut juga boarding merupakan proses dimana penumpang akan naik atau masuk ke pesawat melalui boarding gate. Bersamaan dengan itu petugas layanan darat mengarahkan penumpang (baik penumpang kelas eksekutif bisnis dan/atau kelas ekonomi) ke pintu masuk pesawat.

Kita sering mendengar ataupun melihat bahwa pada saat boarding penumpang kelas ekonomi didahulukan untuk masuk pesawat daripada penumpang kelas eksekutif bisnis (VVIP,VIP dan CIP, dll) ataupun sebaliknya.

Mungkin sebagian orang bertanya-tanya, Mengapa demikian? Mengapa tidak pada saat waktu yang bersamaan saja keduanya masuk pesawat?

Hal ini bukan disebabkan karena perbedaan tarif tiket masing-masing kelas, bukan karena tiket ekonomilebih murah dibandingkan dengan tiket kelas bisnis yang lebih mahal. Atau tergantung keinginan pihak petugas boarding ingin kelas yang mana yang didahulukan. Semua itu BUKAN alasan yang tepat.

Melainkan ada beberapa alasan, mengapa hal itu terjadi. Diantaranya, yaitu sudah tertulis dalam ketentuan-ketentuan tentang embarkasi/boarding pada pelayanan Boarding Gate yang menentukan, bahwa penumpang kelas eksekutif/bisnis dan VVIP, VIP serta CIP dapat masuk pesawat pada saat boarding berlangsung atau dapat menunggu sampai seluruh penumpang kelas ekonomi selesai. Kemudian apabila pintu hanya pintu depan yang dibuka, maka penumpang kelas ekonomi dengan nomor tempat duduk besar sebaiknya didahulukan masuk pesawat. Alasan lainnya, yaitu mungkin untuk menghindari adanya perasaan kesenjangan social antar penumpang bisnis dengan ekonomi. Itu sebabnya petugas boarding memberlakukan ketentuan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: