Cargo Lift


Nama   :           Mevi Meliyani

NIM    :           223109061

Kelas   :           D3 MTU A

 

Lift pertama kali diciptakan pada tahun 1853 oleh Elisha Graves Otis dengan safety system dan sekarang menjadi salah satu perusahaan lift terbesar didunia. Seiring berjalan nya waktu, lift mengalami perkembangan teknologi, baik dari mesin penggerak maupun control system, contohnya yaitu cargo lift. Cargo lift adalah  lift yang digunakan untuk mengangkut barang. Pada umumnya cargo lift di design menggunakan mesin penggerak tarikan langsung tanpa adanya beban penyeimbang. Mesin penggerak biasanya Electric Chain hoist atau Electric Rope Hoist. Cargo lift  tidak ada standardisasi maka dimensi ruangan nya dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan.  Pintu cargo lift pada umumnya dibuat manual open, bisa menggunakan Harmonica Door atau Folding gate, atau bahkan swing door dengan material steel painted maupun wire mesh. Cargo lift ini tidak boleh digunakan untuk mengangkut penumpang.  Cargo lift mempunyai 2 tipe, yaitu  freight lift dan service lift.

Freight Lift adalah lift barang yang menggunakan teknologi mesin penggerak tarikan tidak langsung, dimana beban ruangan nya di imbangi dengan beban penyeimbang. Mesin penggerak bisa Geared Traction Machine ataupun Gearless Traction Machine. Karena kebutuhannya untuk mengangkut barang maka dimensi ruangan lift dibuat dengan ukuran besar. Pintu freight lift menggunakan automatic opening dengan bukaan pintunya side open dari kanan ke kiri. Pada freight lift ini, penumpang boleh naik.

Service lift adalah lift yang digunakan untuk service atau pelayanan, biasanya dipakai di hotel maupun Office Building. Secara system lift service sama dengan lift penumpang baik dari mesin penggerak maupun dari ukuran ruangan lift, yang membedakannya adalah finishing ruangan dan pintunya lebih sederhana dan simple. Biasanya di hotel, lift penumpang untuk tamu dan lift untuk pelayanan  dipisah. Untuk lift tamu ditempatkan di lobby hotel dan service lift ditempatkan dibagian belakang. Mesin penggeraknya adalah tarikan tidak langsung sama seperti freight lift, namun ukuran  dimensi ruangan nya sama persis dengan lift penumpang dan bukaan pintunya adalah automatic centre opening. Walaupun dimensinya sama dengan lift penumpang, service lift dapat juga difungsikan untuk mengangkut barang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: