City Check in


NAMA : ZAINUDIN PUJI HARTANTO

NIM : 223109052

KELAS : D3 MTU A

Kalian yang pernah melakukan perjalanan via udara dengan menggunakan pesawat , atau mahasiswa jurusan udara tentu sudah tak asing lagi mendengar istilah check-in. karena itu semua calon penumpang pesawat terbang memang wajib melewati prosedur ini sebelum keberangkatan. Tujuan check-in adalah untuk memastikan jadi-tidaknya seseorang ” terbang ” pada jam keberangkatan tertentu.

Apa saja mesti diperhatikan calon penumpang pesawat  terbang seputar masalah check-in ini? Jawabnya cukup banyak. Kita ambil contoh Pada penerbangan Garuda, misalnya, calon penumpang yang telah melakukan reservasi atau pembukuan ( mempunyai kepastian tempat duduk ) serta  telah memiliki tiket, diberikan kesempatan melakukan check-in di bandara udara paling lambat 30 menit sebelum kebrangkatan untuk calon penumpang rute domestik, dan paling lambat 60 menit sebelum kebrangkatan bagi calon penumpang rute Internasional.

Barangkali belum banyak calon penumpang atau teman – teman sekalian yang belum mengetahui bahwa check-in tidak hanya bisa dilakukan di bandara, tapi juga bisa dilaksanakan seluruh kantor penjualan/perwakilan Garuda domestik dan Singapura. Layanan ini disebut City check-in, yang dilakukan paling cepat satu hari sebelum keberangkatan. Untuk penerbangan domestik, kalian bisa melakukan city check-in di kantor penjualan atau perwakilan Garuda Domestik yang terdapat di 21 kota ( di Jakarta ada 11 lokasi).

City chek-in ditujukan untuk lebih memberi kemudahan bagi calon penumpang, terutama bagi orang-orang yang pergi tanpa membawa bagasi. Jika Anda termasuk golongan ini, Anda bisa melakukan city check-in, sehingga di bandara Anda tinggal membayar airport tax sebentar, lalu bisa langsung  ” terbang “. Sedangkan bagi penumpang berbagasi tetap harus melalui prosedur bagasi di bandara.

Semoga informasi yang bisa saya share atau saya dapat ini bermanfaat , Terima kasih .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: