Kenapa Human Error seringkali di jadikan penyebab kecelakaan penerbangan????


Nama              : Niki Dio Trisandika

Nim                 : 2241.09.134

Kelas              : MTU D

Kecelakaan pesawat bukan hanya karena kesalahan pada mesin pesawat melainkan yang lebih sering itu kesalahan pada manusia atau “human error”. Pasti pernah kan kalian semua human error ?? dan yakin gak sih kesalahan yang terjadi atau penyebab kecelakaan penerbangan itu karena kesalahan pada manusia yang mengendalikan. Sekarang saya bahas tentang fakta yang saya baca atau saya dengar.

Pada tahun 2007 itu kejadian keccelakaan penerbangan yang memakan korban terbanyak yang di karenakan kesalahan manusia atau “Human Error”. Dan setelah saya cari tahu berita nya, ternyata menurut datya KNKT “ tahu kan kepanjangannya ???” jadi KNKT iyu adalah komite nasional keselamatan transportasi”. Nah kecelakaan pesawat pada tahun 2007 itu terbanyak, tahun 2006 ada 10 kecelakaan pesawat dan dalam kurun waktu dari tahun 1993-2005 kecelakaan pesawat sebanyak 15 keecelakaan.

Pada periode 1995-2004 darib 192 peristiwa yang terjadi, pesawat jet komersil di seluruh dunia tercatan 87 kasus terjadi pada fase pendaratan. Dan terbukti karena faktanya sekarang SDM (sumber daya manusia) sangat penting banget ya bagi penerbangan pesawat dan karena kejadian atau hal ini lebih banyak yang harus banget banget banget tuh di benahi di dalam penerbangan atau sistem penerbangan yang layak, demi terciptanya kepercayaan konsumen yang memakai jasa transportasi udara ini, kalo kecelakaan terus lama-lama gak ada orang atau konsumen yang mau memakai jasa penerbangan. di dalam pendidikan juga pembinaan SDM kedepannya sangat berpengaruh bagi perusahaan  atau industri penerbangan dan juga ini semua tidak lepas dari tanggung jawab PEMERINTAH !! dan itu tercantum di UU penerbangan ya. yaaah mungkin sistem dari sekolah penerbangan harus lebih di tingkatkan ” So we have more learn be the best for aircraft transport !!! .. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: