Pemberlakuan Regulated Agent di Perusahaan Kargo


NAMA : PRIZECA DIAN ANNISA

NIM : 224109044

KELAS : S1 MTU D

Sebagian besar orang mungkin masih banyak yang belum mengetahui pemberlakuan Ragulated Agent di Bandara Soekarno-Hatta, khususnya di perusahaan kargo. Bahkan mungkin masih banyak yang belum tahu definisi dari Regulated Agent itu sendiri.

Regulated Agent adalah badan hukum Indonesia yang melakukan kegiatan usaha dengan badan usaha angkutan udara untuk pemeriksaan keamanan terhadap barang kargo dan pos yang memperoleh izin dari Dirjen penerbangan udara.

Maksudnya yaitu adanya agent-agent selain Angkasa Pura yang melakukan pemeriksaaan keamanan terhadap kargo barang maupun surat yang masuk ke dalam pesawat dan mendapatkan legalitas operasional oleh Kementerian Perhubungan. Dalam hal ini khususnya untuk Keselamatan Penerbangan (KESPEN) agar tidak membawa barang-barang atau kargo yang dapat membahayakan keselamatan penerbangan.

Regulated Agent sendiri mulai diberlakukan pada tanggal 16 Mei 2011. Tapi ternyata sampai saat ini masih ada  perusahaan kargo yang tidak setuju dengan adanya pemberlakuan Regulated Agent tersebut.

Hal ini disebabkan karena tarif yang ditentukan oleh kadin terlalu mahal. Biasanya ongkos yang ditetapkan dalam pengiriman barang adalah Rp 60 per kg, tapi setelah adanya penerapan Regulated Agent, ongkosnya menjadi Rp 600 per kg. Selain itu, proses pengiriman barang pun memakan waktu yang cukup lama. Biasanya pengecekan barang dilakukan dalam partai besar, tapi semenjak adanya Regulated Agent, pengecekan barang dilakukan satu per satu sehingga menyebabkan pengiriman barang menjadi tidak efektif dan efisien karena jumlah Regulated Agent itu sendiri masih terbatas.

Pada dasarnya pelaksanaan program tersebut akan memberikan manfaat yang positif bagi semua pihak yang terlibat dalam industri kargo udara. Namun bila dilihat dari realita lapangan, ada baiknya program RA tersebut ditunda terlebih dahulu karena masih banyak hal yang perlu dipenuhi dan diselaraskan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: