Pengertian Ground Handling


NAMA :Ryan Syam Hercahya

NIM    :223109017

D III MTU

‘Ground Handling’ berasal dari kata ‘Ground’ dan ‘Handling’. Ground artinya darat atau di darat, yang dalam hal ini di Bandara (Airport). Juga dapat diartikan dalam artian, Suatu kegiatan perusahaan penerbangan yang berkaitan dengan penanganan atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasi,kargo pos,peralatan pembantu pergerakan pesawat terbang itu sendiri selama berada di bandar udara, baik untuk keberangkatan (departure) maupun kedatangan (arrival). Secara sederhana ‘Ground Handling’ atau ‘Operasi Darat’ adalah pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pesawat di Apron, penanganan penumpang dan bagasinya di terminal dan kargo serta pos di cargo area.

Berdasarkan sejarah perkembangan perusahaan ground handling di indonesia, munculnya perusahaan ground handling bermula dari adanya kegiatan perpindahan bandara internasional kemayaron ke halim perdana kusuma. Kenyataan ini semakin mendorong tumbuh kembangnya perusahaan ground handling di indonesia untuk mendapatkan kualitas layanan disatu sisi dan memperluas pasarnya disisi lainnya. Maka hal ini dapat dipahami mengingat pentingnya perusahaan untuk melakukan strategi efisiensi disatu tempat dan kemampuan yang sangat memadai dari perusahaan jasa ground handling dipihak lainnya.

Ground handling juga merupakan bagian integral dari lingkup kerjaan dalam suatu perusahaan penerbangan. Dan terdapat dua kegiatan utama yamg dilakukan perusahaan penerbangan,yaitu:

1 . Kegiatan dikantor kota (Town Office) yang lebih dominan mengerjakan unsur pemasaran, quality assurance, finance, coorporate planning dan administrasi keuangan serta umum.

2 . Kegiatan  operasional kestasiunan dibandar udara.

Jadi ground handling merupakan bagian atau divisi operasional perusahaan penerbangan yang dipimpin oleh kepala stasiun sebagai manajer operasi atau ground handling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: