PERHITUNGAN WEIGHT AND BALANCE


PERHITUNGAN WEIGHT AND BALANCE

NAMA : PURNAMA SARI

NIM      : 223109043

KELAS : D III MTU A

Perhitungan weight and belence sebuah pesawat  yang di lakukan secara akurat  sesuai standar yang di tetapkan oleh IATA, ini pioritas utama terhadap pesawat terbang , tujuan utama adalah keselamatan penumpang selama di dalam penerbangan. Oleh karna itu orang FOO ( flight operation officer) harus lebih dahulu mengetahui kondisi pesawt tersebut, antara lain berat maksimum yang mampu di angkat oleh pesawat tersabut dan kekuranganya pada pesawat

Perhitungan weight and balance yang selama ini di lakukan perusahaan

  • Berat                                                                                                                                                                                                                                             Selain besar dari pesawat tersebut, berat pesawat juga di pengaruhi sbg brikut:

*BERAT PENUMPANG*                                                                                                                                                                                                                                     Berat penumpang sangat di pengaruhi oleh standar berat yang di tetapkan perusahaan, standar berat penumpang di bagi     menjadi tiga katagori yaitu:

  1. Penumpang dewasa, dengan standar berat 70 kg/orang.
  2. Penumpang anak-anak, dengan standar berat 35 kg/ orang.
  3. Penumpamg bayi, dengan standar berat 10kg/ orang.

 

*BERAT BAGASI*

Maka Perusahaan penerbangan telah menetapkan ketentuan mengenai jumlah/banyak berat bagasi yang dapat di bawa penumpang perkelasnya, jika melebihi dari ketentuan yang berlaku, maka barang tersebut di kenakan surcharge.Ketentuan tersebut antara lain.

1. 25 kg untuk kelas ekonomi.

2. 30 kg untuk kelas bisnis, dengan catatan tergantung airline masing-masing.

*BAHAN BAKAR*

Perhitungan weight and balance di pengaruhi oleh jumlah bahan bakar yang di bawa dan jumlah bahan bakar yang habis terpakaiselama penerbangan tersebut.

*CUACA DAN ANGIN*

Kondisi alam, seperti hujan, kabut, arah angin, dan lain-lain, secera tidak langsung mempengaruhi proses penghitungan weight and balance . kondisi tersebut secara langsung akan berpengaruh terhadap jumlah pemakaian bahan bakar.Ada tiga jenis angin yang berpengaruh terhadap pesawat yaitu angin bertiup dari arah ekor pesawat, angin yang baertiup dari hidung pesawat, dan angin yang bertiup dari sisi pesawat. Dengan kecepatan angin tersebut, maka seorang FOO (flight operation officer) dapat memperkirakan bahan bakar yang di pergunakan.

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: