Ruang Lingkup Ground Handling


NAMA : Yulianti Suryanto

NIM : 223109024

D III MTU

 

Pada dasarnya ruang lingkup ground handling juga termasuk dengan kata ground service dan ground operation atau airport service yg mengandung maksud dan pengertian yg sama yaitu termasuk suatu aktivitas atau pelayanan terhadap para penumpang berikut bagasinya, kargo, pos, peralatan pembantupergerakan pesawat di darat dan pesawat terbang itu sendiri selama berada di bandar udara, baik untuk keberangkatan (departure) maupun untuk kedatangan (arrival).

Berdasarkan pengertian atau definisi tersebut, kita dapat mengetahui ruang lingkup dan batasan pekerjaan ground handlingyaitu pada fase atau tahap pre flight service dan post flightservice:
1.Pre-Flight service

Kegiatan penanganan ini terhadap penumpang berikut bagasinya dan kargo serta pos dan pesawat sebelum keberangkatan (di Bandara asal/Origin Station).

2.Post flight service

Kegiatan penganan ini terhadap penumpang beserta bagasinya dan kargo serta pos dan pesawat setelah penerbangan (di bandara tujuan/destination). Atau dengan kata lain penanganan penumpang dan pesawat selama berada di bandara. Secara teknis operasional aktifitas “Ground Handling” dimulai pada saat pesawat “taxi” (Parking Stand), mesin pesawat sudah dimatikan, roda pesawat sudah diganjal (Block On) dan pintu pesawat sudah dibuka (open the door) dan para penumpang sudah dipersilahkan untuk turun atau keluar dari pesawat, maka pada saat itu para staff udara sudah memiliki kewenangan untuk mengambil alih pekerjaan dari “Pilot In Command (PIC)” beserta cabin crew-nya. Pekerjaan orang-orang darat berakhir ketika pesawat siap-siap untuk lepas landas, yaitu pada saat pesawat ditutup, mesin dihidupkan dan ganjal roda pesawat sudah dilepas (Block OFF). Tanggung jawab pada fase ini (In-Flight) berada di tangan “Pilot In Command” beserta pada awak cabinnya. Fase ini dikenal dengan istilah “Deperature Handling” obyek yang ditangani oleh Ground Staff pada intinya, meliputi: penumpang (Pax), barang bawaan penumpang (Baggage), barang kiriman (Cargo), benda-benda pos (Mail), ramp dan aircraft. Sebagai sebuah proses penangan maka muncul istilah : Passenger Handling, Baggage Handling, Cargo and Mail Handling dan Ramp Handling.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: