sistem pelayanan check in counter


SISTEM PELAYANAN CHEK IN CONTER

 

Nama : Endah Wahyu Ningsih

Kelas  : D III- MTU (A)

Nim    : 223109016

Tugas 1

 

Sistem pelayanan checkin conter ini sangat penting untuk seluruh proses bagi penumpang yang akan naik ke pesawat, baik bagi penumpang itu sendiri maupun penerbangan, sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, petugas yang di bagian check in counter harus terlatih/dilatih dengan baik, sehingga betul-betul mengusai pekerjaannya.

Check in counter di bandara adalah tempat untuk pendaftaran atau pelaporan bagi para calon penumpang yang akan berangkat menggunakan pesawat di bandara udara. Di bandara / gedung terminal check in counter ini berlokasi di wilayah restricted public area. Sebelum di bukanya check in counter, petugas harus mempersiapkan hala-hal yang di perlukan pada saat check in conter diantaranya :

a). Petugas harus mempersiapkan dokumen, formulir dan item lain yang terkait dengan penumpang dan bagasi penumpang, seperti special request, special information, connecting flight, boarding pass ( harus memperhatiakn flight/ date, nama, gate sate, boarding pass number, destination; warna boarding pass menunbjukan kelas yang di tentukan untuk penerbangan seperti merah untuk F class, biru untuk C class, hijau untuk Y class, kuning untuk INF class, putih untuk A/L Staff atau discount ticket ). Baggage claim tas yaitu untuk pengiriman bagasi yang ketinggalan atau harus dikirimkan tanpa penumpang/pemiliknye. Cxcess baggage ticket yaitu petugas harus memperhatiakan cara perhitungan EBT, baik menurunkan maupun PC,  nomor ticket bagasi penumpang, kelebihan berat, harga per kilo atau per potong, jumlah yang harus dibayar dan lain-lain.

b). Petugasa harus mengetahui beberapa cara mengecek dokumen perjalanan penumpang yang perlu dicek adalah :

  • Pengecekkan ticket penumpang : kota tujuan (from-to), flight number class, carrier, validity, booking status.
  • Pengecekkan paspor untuk penerbangan keluar negri : mengecek apakah foto di paspor sama dengan penumpang yang akan berangkat dan nama pun juga harus sama dengan yang tertera di ticket pesawat, vality paspor dan kondisi paspor, periksa validity minimumnya sebab khusus menuju negara-negara tertentu.
  • Pengecekkan visa untuk penerbangan keluar negeri : mengecek negara asal/tujuan/transit, adakah maksut tujuan menggunakan visa ini yitu : untuk berkunjung, untuk urusan wisata, bekerja, beljar dan lain-lain.

c). Petugas harus mengetahui berapa bayak seat yang ada di dalam pesawat,supanya untuk memudahkan pada saat penumpang check in.

d). Petugas harus mengetahui cara mengisi formulir seperti :

  • PBWS ( Passenger and Baggage Weight Sheet )
  • PTM ( Passenger Transfer Massage )
  • SOM ( Seat Occuped Massage )
  • Special Informasi Massage, seperti : VIP, UM WCHC, VGML, deanlain-lain

e). Petugas memberi information untuk sepecial Meal, UM, VIP dan lain-lain

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: