Sterilkan penumpang nakal di Terminal !


NAMA : SIFA CHOIRUNISYAH

NIM : 224109023

KELAS : S1 MTU D

Dalam artikel ini saya akan membahas tentang upaya mensterilkan penumpang nakal dalam check in counter di terminal bandara . Mengingat check-in merupakan prosedur wajib yang menentukan kelancaran penerbangan, maka sebaiknya para calon penumpang selalu mempersiapkan segala keperluan sebelum berangkat ke bandara. Ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan, seperti tiket, paspor, KTP, serta barang bawaan dan dokumen-dokumen perjalanan lainnya. Khusus calon penumpang rute Internasional, diingatkan untuk mengisi dokumen keimigrasian serta mendatangi counter imigrasi di bandara guna pencekan dokumen. Periksalah barang-barang yang akan dibawa dan sesuaikan sebisa mungkin penempatan barang dalam bagasi sesuai dengan ketentuan bagasi pesawat. Demi keamanan, barang-barang berharga misalnya, obat, perhiasan, dokumen, uang dan lain-lain sebaiknya tidak dimasukan dalam tas/kopor yang hendak ditempatkan dalam bagasi pesawat .

Divisi check-in counter juga harus memiliki “insting” agar dapat melihat  khusus mana penumpang nakal, penumpang calo, dsb layaknya seorang petugas kepolisian. Bagaimana mereka mendapat keahlian seperti itu? Jam terbang dan pengalaman jawabnya. Sebagai contoh yang paling sering terjadi(populer) adalah kasus menitipkan bagasi kepada penumpang lain.

Dari info yang saya dapat penumpang yang membeli tiket di calo atau penumpang yang berhalangan terbang kemudian diwakilkan, biasanya memiliki ciri-ciri:
1.ID (KTP,KARTU PELAJAR,dsb) tidak sesuai pada tiket. ( Kita mesti waspada )
2.Penumpang terlihat kaku dan resah. ( kita mesti waspada )
3.Saat ditanya tgl lahir, tempat, dsb penumpang tidak bisa memberikan jawaban yang tepat.( kita mesti waspada )
4.Bentuk fisik daripada ID(KTP) yang “aneh”. ( kita mesti waspada )
5.dan masih banyak hal lainnya .

Ujung-ujungnya apabila mendapati “penumpang nakal”, akan terjadi adu mulut dan adu argument antara staff dengan penumpang(pax). Apabila menemui kendala, Staff Counter dibackUp oleh TL(Team Leader Counter Check-In) dan divisi Complaint Resolution Official(CRO).

Jadi dalam kejadian check in counter ini penumpang nakal atau penumpang calo masih ada , sulit dan mungkin susah untuk mensterilkan para penumpang nakal atau penumpang calo , jadi dari pihak divisi check in counter memang harus benar – benar jeli dalam melihat penumpang . upaya untuk terus mensterilkan penumpang nakal atau penumpang calo harus terus meningkat dalam pengawasannya . agar sulit juga untuk para penumpang nakal atau penumpang calo bergerak bebas di area check in counter .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: