SISTEM GROUNG HANDLING DI SOEKARNO HATTA DI EVALUASI


NAMA : ADE NURMALA SARI

KELAS :S1 MTU D

NIM : 224109121

 

Sistem layanan jasa operasi darat bagi pesawat maskapai penerbangan (ground handling) yang beroperasi di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan dievaluasi. Langkah itu menyusul insiden senggolan pesawat Boeing B737-300 milik PT Kalstar Aviation (Kalstar) dengan MD-80 milik Wings Abadi Airlines (Wings Air) di apron Terminal 1C Bandara Soetta, Minggu (10/4).

Mulya Abadi, deputi senior general manager PT Angkasa Pura (AP) II Cabang Bandara Soetta, mengatakan, AP II dan Administrator Bandara (Ad-band) Soetta tengah menginves-tigasi secara detail tentang kejadian senggolan pesawat Kalstar dengan Wings Air, sekaligus mengevaluasi sistem ground handling di bandara tersibuk di Indonesia ini.

Dalam kasus ini seharusnya dari pihak ground handling harus benar benar memilih sumber daya manusia yang benar – benar siap untuk menjalan kan tugas tersebut. apalagi Bandara Soeta adalah Bandara tersibuk di Indonesia,, jika penanganan handling nya tidak tertata dengan baik,maka Indonesia dimata dunia juga akan tercoreng dalam hal transportasi udara.

Apa bila semua ini terjadi memang karena hal “human error” , maka yang harus di lakukan oleh pihak ground handling adalah:

melakukan investigasi mengapa hal tersebut bisa terjadi. apakah karena kurang nya pelatihan kepada petugas tersebut atau karena berlebihan nya jam kerja petugas tersebut. Bila karena kurang pelatihan, beri kan lah petugas tersebut pelatihan tambahan,dan jangan menugaskan petugas yang baru bekerja disana apalagi untuk menghandling pesawat dari luar negeri,karena akan mencoreng nama baik indonesia sendiri.

dan jika hal tersebut terjadi karena jam kerja yang berlebihan,seharus nya perusahaan handling tersebut membatasi jam kerja para karyawan nya. jangan sampai ketika karyawan sudah mengalami lelah ia masih di paksa kerja karena tuntutan jam kerja yang berlebihan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: