I Believe I can FLY…


Nama   :  RESTU ANDINI

NIM    ; 224109151

S1-MTU D Ground Handling

Pada  jaman sekarang ini orang-orang bisa menggunakan transportasi udara dengan harga yang terjangkau. Hal ini dikarenakan beberapa perusahaan penerbangan menggunakan sistem LOW COST CARRIER (LCC). sistem  ini menerapkan harga tiket yang terjangkau serta layanan terbang yang minimalis. Namun, tetap menjaga keselamatan penumpangnya sampai ketujuan.

Keunggulan dari sistem LCC ini adalah menekan dan mereduksi operasional cost sehingga bisa menjaring segmen pasar bawah yang lebih luas, Namun, masih banyak kelemahan-kelemahan dari sistem LCC ini, diantaranya :

  1. Kapasitas penumpangnya lebih banyak daripada kapasitas pesawat sehingga terlihat penumpang berdesak-desakan.
  2. Kursi yang disediakan tidak melalui pemesanan, siapa penumpang yang masuk lebih dahulu dalam pesawat, dia yang pertama memilih kursi yang dia tempati.
  3. Biasanya Maskapai melakukan penjualan langsung via call center dan via internet.

Namun, di Indonesia belum ada yang menerapkan pola bisnis LCC yang sejati. Karena operasional cost maskapai yang dianggap LCC di indonesia masih di atas rata-rata maskapai LCC pada umumnya. Banyak analisis keuangan masih menyatakan bahwa, cost per available seat mil masih berada di atas ambang standard operating cost dari suatu low cost caririer yang sejati. Meskipun price struktur-nya sendiri sudah sesuai dengan konsep LCC, mungkin lebih tepatnya disesut dengan LOW FAIR CARRIER (LFC) karena, hanya menawarkan harga murah tetapi belum sepenuhnya mendukung prinsip-prinsip LCC dimana struktur cost dan produktifitas maskapai masih tergolong Mahal.

Adanya konsep LCC tentu sangat menguntungkan bagi calon konsumen, karena dengan harga murah, karena dengan sistem ini penggunaan transportasi udara dapat lebih cepat dan murah. Perkembangan bisnis penerbanagn kedepannya masih menghadapi tantangan yang berat mengingat terus meningkatnya biaya operasional yang mengharuskan maskapai menaikan tarif penerbangan. Maka kedepannya, besar kemungkinanya hanya maskapai dengan pola LCC sejatilah yang mampu bertahan di banding dengan maskapai dengan pola layanan lain-nya.

http://www.google.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: