OH NO, SOEKARNO HATTA = PASAR


OH NO, SOEKARNO HATTA = PASAR

NAMA : WINDA SARTIKA

NIM : 224109226

KELAS : D

Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, yang berupaya menjadi bandara kelas dunia (world class airport) saat ini menghadapi masalah yang kompleks. Bukan saja karena sudah melampaui kapasitas, juga adanya persoalan klasik seperti taksi liar, ojek sepeda motor, calo tiket, pedagang asongan, tukang semir, porter liar, pemulung, pengemis, serakan sampah di lantai.

Aktivitas tersebut kerap dipermasalahkan oleh konsumen, bahkan dinilai sebagai masalah besar yang mencerminkan kualitas pelayanan di bandara. Beragam upaya sebenarnya telah banyak dilakukan oleh perusahaan Angkasa Pura penambahan fasilitas penunjang bagi penumpang, penambahan personel, hingga razia dan sweeping terahadap asongan, porter liar, calo, dan lain-lain.

Menurut saya, walaupun bandara Soekarno Hatta merupakan bandara kelas dunia jangan melupakan lokal konteks dimana tempat asimilasi sosial kultural seperti nilai budaya, ekonomi. Membangun airport dengan teknologi global namun harus dapat dipertangung jawabkan secara sosial. Jangan melompat yang terlalu jauh tapi tidak tercapai maksud dan tujuan pembangun bandara tersebut secara internasional. Lebih baik dimulai dari small things but meaningfull.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: