Bagaimana bila bagasi hilang atau rusak?


Nama: Prizeca Dian Annisa

Nim    :224109044

Kelas  : D

Jika kita melihat “perjalanan” bagasi, mungkin kita bisa sedikit memahaminya. Di check-in counter, setelah bagasi diserahkan kepada petugas, maka bagasi akan diberi label (baggage tag), diberi nama yang ditempelkan di koper. Kemudian, bagasi akan berjalan sendiri melalui conveyor-belt menuju ke tempat pemuatan bagasi. Disitu bagasi akan dimasukkan ke dalam container menurut negara tujuan. Apabila melalui negara transit dan harus pindah pesawat, bagasi tersebut harus dipindahkan pula ke pesawat lain untuk menuju ke tujuan terakhir.

Biasanya yang menyebabkan hilangnya bagasi antara lain adalah : Bagasi masih tertinggal di kota keberangkatan, bagasi tertinggal di kota transit, label bagasi terlepas, bagasi tertinggal di pesawat, bagasi tidak sengaja di ambil orang karena merek dan warna yang sama, bagasi masih tertinggal di conveyor-belt, dan atau mungkin sengaja di ambil orang.

Apakah yang harus dilakukan oleh penumpang bila bagasi hilang?

Penumpang harus melapor ke bagian Lost and Found. Nanti petugas disana akan menanyakan cirri-ciri bagasinya, seperti warna, merek, ukuran, tipe, isi, dan cirri-ciri khusus lainnya untuk memudahkan pencarian.

Biasanya petugas akan mengisi formulir PIR (Property Irregularity Report). Dengan data-data dari PIR itu, petugas akan mengirim telex tracing (pencarian), sementara penumpang yang kehilangan koper diminta menunggu hasil tracing, dan akan dikabari secepatnya. Selain bagasi hilang, kemungkinan lain adalah bagasi rusak (damage). Prosedur yang dilakukan adalah sama, yakni penumpang harus lapor petugas Lost & Found. Lalu petugas akan meminta keterangan atau informasi untuk mengisi Report on Damage to Checked Baggage.

Biasanya perusahaan penerbangan yang akan mengganti semua kerusakan ataupun kehilangan tersebut. Tapi kalau masih bisa diperbaiki ya diperbaiki, dan biayanya akan ditanggung oleh perusahaan penerbangan tersebut. Kalau tidak bisa diperbaiki, mungkin akan diganti rugi dengan mempertimbangkan keadaan bagasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: