SOEKARNO HATTA DESAIN BARU SEPERTI APA YA?


SOEKARNO HATTA DESAIN BARU SEPERTI APA YA?

NAMA : RIA AGNES NATASHIA

NIM : 224109196

KELAS : D

Pengelola Bandara Internasional Soekarno-Hatta, yakni PT Angkasa Pura II telah me-launching desain baru rencana induk (grand design) bandara tersebut.

Dalam desain baru itu terlihat akan banyak perubahan dari bentuk awal bangunan Bandara tersebut, yang direncanakan pembangunan bakal di mulai pada awal 2012, dengan target selesai pada 2014 mendatang. Nilai proyek diperkirakan awal kebutuhan anggaran untuk semua proyek. Seluruh pendanaan itu berasal dari kas Angkasa Pura II dan pinjaman perbankan nasional.

Desain baru itu juga menunjukan akan adanya transportasi yang memudahkan untuk para pengguna jasa bandara tersebut. Seperti akan adanya kereta api dari Manggarai ke bandara dan ada juga kereta yang kecil tanpa awak yang hanya bertugas khusus mengantar penumpang ke terminal 1, 2, 3 dan juga ke pusat perbelanjaan (shopping centre) yang berada di bangunan penghubung (integrated building). Terobosan ini tidak boleh molor, karena akan membuat efek domino seluruh proses di belakangnya.

Prioritas lainnya, selain meningkatkan kapasitas pergerakan pesawat dan penumpang adalah pengembangan terminal 3, pembangunan terminal kargo, pembangunan fasilitas penunjang dan pembangunan bangunan penghubung yang berkonsep one stop service.

Membangun landasan pacu ketiga berikut terminal keempat yang dialokasikan di sisi utara bandara memang menjadi solusi lain yang ditawarkan guna meningkatkan kapasitas Soekarno-Hatta. Karena dengan adanya runway ketiga, volume pergerakan pesawat bisa didongkrak hingga 234 pergerakan per jam.

Sementara untuk program revitalisasi Terminal 1 dan 2, akan dilakukan penambahan luas masing-masing bangunan ke arah depan, untuk kemudian diintegrasikan dengan integrated building.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: