BEA CUKAI (PABEAN) DI BADARA UDARA


TUGAS II

BEA CUKAI (PABEAN) DI BADARA UDARA

Nama : Tasya adistia putri
Nim : 223109013
Kelas : DIII- MTU

Kedudukan Bea cukai atau pabean yaitu dibawah Departemen Keuangan, Direktorat Jendral Bea dan Cukai, berperan sangat penting dalam rangkaian CIQ yaitu bea cukai, imigrasi, dan karantina. apabila seseorang yang ingin berpergian keluar negeri atau wilayah negara lain maka wajib memiliki persyaratan dokumen-dokumen tersebut, apabila dokumen itu tidak lengkap maka dipastikan akan dikembalikan ke negara asal.
Bea cukai atau pabean dibandar udara adalah bertugas memungut pajak-pajak bagi kepentingan negara, juga untuk melakukan pengawasan terhadap barang-barang impor dan ekspor, dan barang-barang yang masuk atau keluar dari daerah pabean. pemungutan pajak-pajak tersebut merupakan pemasukan bagi negara.
Dibandar udara terdapat jalur-jalur khusus untuk barang-barang :
1. Jalur Merah
jalur ini digunakan untuk penumpang dan cargo
2. Jalur Hijau
jalur ini digunakan kepada penumpang atau cargo yang tidak membawa/ berisikan barang-barang terlarang, jalur ini tidak harus dilaporkan.
3. Jalur Kuning
jalur digunakan untuk importer yang mendapat kemudahan dari pabean.

Masalah pelanggaran yang biasanya terjadi adalah kesalahan penentuan tarif dalam satu jenis barang yaitu untuk menghindari bea masuk, ini terjadi karena pelaporan yang tidak sesuai oleh si pemilik barang, yang biasanya terjadi pada penumpang tkw, dan orang-orang yang berusaha ingin menyelundupkan barang berbahaya, selain itu pelanggaran tujuan pemakaian barang adalah penyalahgunaan barang, transaksi gelap adalah menyembunyikan kegiatan ilegal, pengawasan ini sangat penting dilakukan oleh petugas pabean, Barang harus melewati pemeriksaan fisik oleh petugas, dan barang-barang tersebut harus melewati pemeriksaan dokumen.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: