ORGANISASI DUNIA TERHADAP TRANSPORTASI UDARA


Nama : Zulfiekar Anggorieo Pasambuna

NIM : 2241 08 225

Kelas : M (S1 MTU)

 

International Air Transport Association (Asosiasi Pengangkutan Udara Internasional; disingkat IATA) adalah sebuah organisasi perdagangan internasional yang terdiri dari maskapai-maskapai penerbangan. IATA bermarkas di Montreal, Kanada. Maskapai-maskapai penerbangan anggotanya diberikan kelonggaran khusus sehingga dapat mengkonsultasikan harga antara sesama anggota melalui organisasi ini. IATA juga bertugas menjalankan peraturan dalam pengiriman barang-barang berbahaya dan menerbitkan panduan Peraturan Barang-barang Berbahaya IATA (IATA Dangerous Goods Regulations).

Didirikan pada April 1945 di Havana, Kuba, IATA adalah penerus Asosiasi Lalu Lintas Udara Internasional (International Air Traffic Association) yang didirikan di Den Haag pada tahun 1919, tahun saat penerbangan berjadwal internasional yang pertama di dunia dilaksanakan. Tujuan utamanya adalah untuk membantu maskapai-maskapai penerbangan untuk bersaing secara sah dan mencapai keseragaman dalam penetapan harga.

Saat didirikan, IATA beranggotakan 57 anggota dari 31 negara, sebagian besar di Eropa dan Amerika Utara. IATA kini mempunyai lebih dari 270 anggota dari lebih dari 140 negara di dunia

IATA merupakan salah satu institusi yang terus mengembangkan dan mempertahankan dunia transportasi khususnya transportasi udara sehingga diperlukan adanya cabang yang berada di Indonesia untuk dapat mempertahankan kelayakan yang dimiliki dunia penerbangan nusantara. Utamanya pihak generasi muda ataupun para pelajar untuk dapat mengerti apa yang menjadi aturan – aturan yang dibuat ataupun ditetapkan oleh IATA. Fungsi, tugas & tanggung jawab yang dimiliki IATA perlu terus ditingkatkan untuk kemajuan dunia tranportasi Indonesia.

Melalui ICAO (International Civil Aviation Organitation) yang menjadi turunan organisasi dari IATA untuk lebih mengkhususkan terhadap penerbangan sipil ataupun penerbangan komersil. Organisasi ini lah yang merupakan salah satu jadi cikal bakal terhadap perkembangan dunia tranportasi udara yang nyata & masih terus bergerak hingga saat ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: