Penerbangan Harus Hati-hati


Nama : dwi ardi prastio

Nim : 224109188

Kelas : D SI MTU

Setelah Tropical Siklon Nesat, cuaca di Sumatera Utara kini dalam bayang- bayang Siklon Tropis. Tekanan udara yang kadang bersifat merusak ini muncul akibat adanya gangguan cuaca di perairan Filipina. Tak hanya itu, Siklon Tropis ini juga sangat berbahaya bagi dunia penerbangan dan transportasi laut.

Datangnya Siklon Tropis (Tropical Cyclone) mulai terasa pada hari Sabtu (1/10) sore. Ditandai dengan hujan pada sore hari yang disertai angin dan petir.  Menurut  Kepala Sesi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Bandara Polonia Hartanto, gangguan Siklon Tropis ini akan terjadi hingga satu pekan ke depan.

Badai tropis akibat tropical cyclone akan membayangi wilayah Sumatera Utara. Di mana akan terjadi pusaran angin disertai hujan dan petir yang cukup besar.

Badai tropis merupakan fenomena alam yang terjadi di lautan dan pergerakannya menuju ke daratan. Dalam tahapan tertentu fenomena ini bisa menimbulkan bencana serius.

“Hujan diiringi petir dan angin kencang masih berpotensi datang kembali. Jadi penerbangan baik kapal kecil dan juga kapal besar harus mewaspadai cuaca dalam lima sampai tujuh hari ke depan” kata Hartanto.

Selama sepekan cuaca buruk ini menurut Hartanto akan terjadi di sekitar Sumatera Bagian Utara dan Aceh,. tapi tak menutup kemungkinan akan terjadi sampai Sumatera Barat. Dan Cuaca ini cenderung terjadi pada sore hari, namun kadang bisa pada pagi hari.

Akibat Siklon Tropis ini, kecepatan angin di sekitar Sumatera Utara, Aceh dan Sumatera Barat akan mencapai 10 Knot sampai  20 Knot atau 15 Km – 30 Km / jam.

Sekadar informasi, saat pesawat Casa 212-200 milik maskapai Nusantara Buana Air jatuh, angin sedang berkecepatan  20 Knot.

“Kalau di bawah memang tidak terasa, karena kekencangan angin itu terjadi di atas. Tepatnya  di lintasan yang biasa dilalui oleh pesawat,” imbuh Hartanto.

Meski dianggap cukup membahayakan, tapi masyarakat yang akan pergi menggunakan jasa penerbangan tak perlu khawatir. Karena biasanya dalam setiap penerbangan pilot sudah dibekali sejumlah informasi terkait cuaca. Sehingga mereka bisa mempertimbangkan apakah harus terbang atau tidak.

Suasana penerbangan di Bandara Polonia sejauh ini juga tetap normal. Beberapa warga yang hendak bepergian juga tak mengkhawatirkan kondisi angin akibat Siklon Tropis ini. Sebab mereka percaya dengan teknologi penerbangan yang semakin baik dan aman.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: