PROSEDUR KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN PENUMPANG DALAM OPERASI PENERBANGAN


NAMA : YULIANTI SURYANTO

NIM : 223109024

D III MTU 2009

Dalam suatu operasi penerbangan dibandara atau pun disuatu perusahaan penerbangan banyak hal yang membutuhkan persiapan dan melibatkan banyak orang dalam mendukung kesiapan penerbangan. Persiapan tersebut  diperlukan guna mendukung lancarnya operasi penerbangan dan juga sebagai alat control dalam menjamin keselamatan suatu operasi penerbangan.  Persiapan tidak hanya dilakukan oleh awak udara (pilot dan pramugari) melainkan oleh awak darat juga. Persiapan yang dilakukan oleh awak darat tertuang “garis besar tata operasi darat”.

Tata Operasi Darat (TOD) atau Ground Handling mencakup antara lain :

  • Prosedur keberangkatan dan kedatangan penumpang
  • Prosedur keberangkatan dan kedatangan cargo/mail
  • Prosedur keberangkatan dan kedatangan pesawat udara
  • Layout sebuah airport
  • Membaca ABC guide, time table, travel information manual (TIM)
  • Cara menghitung flight time
  • Cara memeriksa visa, paspor, health certificate, tiket, fiskal, airport  text

Prosedur Keberangkatan Penumpang

Yang perlu dipersiapkan petugas sebelum di check in counter dibuka :

  • Passanger manifest
  • Boarding Pass
  • Baggage claim tag
  • Lab tag
  • Excess baggage ticket
  • Seat allocation, khusus pemesanan special seat
  • Purser information
  • Form Passanger Baggage Weight  Sheet (PBWS)
  • Form Passanger Transfer Message (PTM)
  • Form Baggage Allowance

Prosedur Kedatangan Penumpang

Petugas dibagian kedatangan pesawat/penumpang haruslah mengetahui jam-jam kedatangan pesawat (ETA = Estimated Time Arrival), sehingga bisa mempersiapkan diri. Mereka juga harus mengetahui apakah ada penumpang yang trasit, yang ditransfer, dan yang turun ditujuan akhir. Penumpang yang akan transit akan diberi transit card. Yang ditransfer atau pindah pesawat akan segera dibantu sehubungan dengan tempat duduk, bagasi. Dan bagi penumpang yang sampai ditujuan akhir akan dibimbing kebagian imigrasi untuk melakukan pemeriksaan paspor, visa, lalu ketempat pengambilan bagasi. Jika ada bagasi yang hilang atau rusak, penumpang dipersilahkan kebagian lost & found untuk melaporkan kejadia.

Satu Balasan ke PROSEDUR KEBERANGKATAN DAN KEDATANGAN PENUMPANG DALAM OPERASI PENERBANGAN

  1. oceprasetya mengatakan:

    Bisa bikin karya tulis selain dari SOP nga ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: