PROSEDUR PELAYANAN CHECK-IN COUNTER


NAMA : RYAN SYAM HERCAHYA

NIM : 223109017

D III 2009

 

Proses Keberangkatan Penumpang Internasional

Penumpang memasuki area keberangkatan dan melakukan pengecekan ticket kemudian melewati pemeriksaan bagasi dan penumpang melewati mesin deteksi. Kemudian penumpang melaporkan keberangkatannya di check-in counter, setelah mendapatkan boarding pass dan langsung membayar airport tax, kemudian penumpang dapat melakukan pembayaran fiscal pada bank-bank yang telah ditunjuk. Kemudian penumpang melewati petugas imigrasi dan melakukan pengecekan sebelum memasuki boarding gate.

Yang dilakukan oleh petugas imigrasi terhadap penumpang adalah :

  1. Menyamakan foto dengan passport
  2. Validity of the passport
  3. Checking pages of the passport
  4. Mengecheck originalita passport

Apabila petugas menemukan penumpang yang bermasalah, maka petugas berhak mengamankan petugas tersebut dan dibawa ke ruang inspection dan interview, tetapi bila calon penumpang tidak bermasalah, maka penumpang dapat melakukan prosesnya ke pemeriksaan selanjutnya yaitu, pengechekan kembali terhadap penumpang dan bawaanya. Melalui alat deteksi (metal detector) dan petugas melakukan pengecheckan kembali terhadap passport penumpang. Kemudian penumpang ke boarding gate dan diperiksa kembali oleh petugas tentamg boarding pass dan passportnya. Barulah penumpang dapat memasuki pesawat apabila sudah diperrsilahkan masuk.

Kelancaran seluruh proses bagi penumpang yang akan naik pesawat sangatlah penting, baik bagi penumpang itu sendiri maupun bagi perusahaan penerbangan sehingga tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, petugas dibagian check-in counter harus terlatih/dilatih dengan baik sehingga betul-betul mengusai pekerjaannya dan hal-hal lainnya yang terkait.

Check in counter dibandara adalah tempat pendaftaran pelaporan bagi para (calon) penumpang yang akan berangkat naik pesawat di Bandar Udara. Dibandara/gedung terminal check in counter berlokasi di wilayah restricted public area

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: