Coba Tengok Dampak Regulated Agent (RA)


Nama  : Asri Oktaviana

Nim     : 224109019

Kelas   : D

            Regulated Agent (RA) diterapkan  4 Juli 2011 dengan harga perkilogramnya yang lumayan tinggi. Ditandai dengan pencabutan seluruh mesin pemindai di semua operator gudang yang berada di kawasan bandara, sehingga menuai protes para karyawan dengan melakukan aksi mogok kerja. Kerugian akibat mogok kerja provider pengiriman barang dan kargo udara di Bandara Soetta pada waktu itu mencapai Rp20 miliar.Direktur Eksekutif Asperindo Syarifuddin mengatakan terjadi penumpukan volume barang hingga 400 ton sehari untuk rute pengiriman domestik sejak penerapan peraturan regulated agent (RA). “Airlines, transporter, dan customer mengalami kerugian besar akibat penumpukan yang terjadi. Total kerugian mencapai Rp10 miliar sehari,”ungkap Syarifuddin.

Penerapan regulated agent (RA) oleh Kementerian Perhubungan diterapkan kembali pada 4 september 2011. Penerapan regulated agent (RA) oleh Kementerian Perhubungan menjadi leading pemberitaan media pekan ini. Asosiasi perusa­haan penerbangan nasional (INA­CA) menilai dampak im­ple­­men­tasi pemeriksaan keama­nan ba­rang oleh regulated agent (RA) mem­buat jumlah kargo yang diangkut mas­kapai penerbangan menurun.

            Para pengusaha menjerit pada penerapan kebijakan regulated agent yg mengancam bisnis mereka. pengusaha yg tergabung dlm berbagai asosiasi akan meminta ganti rugi pada Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan,sebab kebijakan itu telah memberikan kerugian materiil dengan terjadinya keterlambatan pengiriman pada konsumen akhir.

Sejumlah perusahaan logistikpun mulai menaikkan tarif pengiriman barang seiring melonjaknya biaya pengiriman kargo di perusahaan regulated agent seperti Utama PT Pos Indonesia Sukatmo Padmosukarso di Jakarta dan Jasa pengiriman JNE.

            Pemerintah akan merevisi aturan mengenai regulated agent (RA) hanya jika peraturan baru tersebut terbukti menimbulkan biaya tinggi untuk industri. Menteri Perindustrian M. S. Hidayat mengatakan pemerintah akan memantau kondisi di lapangan setelah penerapan SKEP Perhub 255/IV/2011 sebelum mengambil keputusan lebih lanjut. Kementerian Perhubungan juga mengupayakan penurunan tarif jasa pemeriksaan kargo udara melalui regulated agent berkisar Rp90-Rp100 per kilogram. Upaya tersebut dilakukan melalui kajian oleh tim kecil yang terdiri dari berbagai pihak dan ditargetkan selesai bulan oktober.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: