JANGAN MENYEPELEKAN ATC!!


NAMA: IBNU PRATAMA

NIM: 224109180

KELAS: S1 MTU D

 

Banyak sekali gangguan-gangguan penerbangan di indonesia pada tahun 2010 lalu. Sebuah bandara Internasional di indonesia sebut saja Bandara Soekarno-Hatta,  Sangat disayangkan alat pengontrol /pembimbing pesawat sampai rusak dan tidak dapat berfungsi kembali. Hingga menyebabkan terjadinya delay hingga 30 menit, coba bayangkan berapa penerbangan yang harus menunggu untuk bisa landing dan takeoff di bandara? Sampai-sampai pesawat yang sedang berada di udara harus berputar-putar untuk dapat mendarat dengan baik?.

Ada yang mengungkapkan penyebab kegagalan radar adalah penggunaan sistem Jakarta Automated Air Traffic System (JAATS) telah melebihi daya beban maksimalnya. Analisa penyebab yang pertama JAATS yang dibangun tahun 1985-1986 dan upgrade pada 1996. Semua didisain untuk melayani lebih kurang 400-500 movement. Sekarang sudah 2000 movement, jadi dilakukan upaya maksimal untuk meningkatkan kehandalan bandara tersebut.

Pengadaan peralatan baru yang sebelumnya diagendakan pada 2013 akan segera dipercepat pada 2010 sehingga pada 2011 sistem radar baru dapat segera terintegrasi dengan sistem radar kawasan timur Indonesia di Makassar, Sulawesi Selatan. Jika Jakarta failed (rusak) bisa dibackup (disokong) dari Makassar. Kalau Makassar gangguan, Jakarta bisa backup untuk kawasan Indonesia bagian timur dengan sistem JAATS. Jika saja pemerintah membentuk perusahaan umum khusus Air Traffic Services (ATS) untuk mengawasi lalu lintas penerbangan yang fokus memberikan pelayanan bukan untuk tujuan komersial. Mungkin dapat dikendalaikan asal SDMnya dapat mengoperasikan alat tersebut.

Dengan diadakannya program/pembuatan alat baru tersebut dapat mengatur lalu lintas udara kembali dengan lancar dan tidak terjadi gangguan seperti itu dan jangan lupa dirawat dengan baik agar dapat berfungi sebagaimana mestinya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: