Pesawat Cargo


nama : stephanie julia putri

nim : 224109028

kelas : D

TUGAS KE 2 GROUND HANDLING

PESAWAT CARGO

            Pesawat cargo bisa disebut juga pesawat angkut, yang artinya adalah pesawat yang digunakan untuk pengangkutan barang atau komoditi lainnya. Peraturan penerbangan melalui sipil menggunakan syarat-syarat yang diatur oleh undang-undang atau konvensi internasional. Asalnya penganngkutan kargo dijadikan satu dengan pesawat udara sipil. Akan tetapi berhubung besarnya permintaan arus barang dan jasa dalam perdagangan maupun bukan perdagangan maka diadakan pesawat angkut sendiri yang dinamakan freighter

Salah satu faktor diadakan pesawat angkut sendiri karena seiring berkembangnya waktu karena kebutuhan pengiriman paket atau cargo yang ingin datang lebih cepat. Dari internet yang saya baca sedikit bahwa , dibuat juga pesawat angkut dengan kemampuan dan rancangan khusus seperti Boeing 747 Large Cargo Freighter (747 LCF) yang dikenal juga dengan nama Dreamlifter, A-300 Beluga, Super Guppy, An 124 Ruslan atau An 225 Mriya.

Pesawat angkut digunakan baik dari kalangan sipil, komersial, ataupun kalangan militer. Dari kalangan sipil ataupun kalangan militer umumnya memiliki armada sendiri, sesuai dengan kebutuhan seringdipakai bergantian. Pesawat Angkut militer digunakan selain mengangkut barang barang keperluan militer, kendaraan perang, ataupun senjata, juga mengangkut personel tentara maupun VIP/VVIP . pesawat angkut versi militer sering dimodifikasi menjadi pesawat tanker untuk keperluan pengisian bahan bakar di udara, pesawat ataupun pesawat peringatan dini (AWACS) dengan menambahkan peralatan peralatan yang diperlukan.

Dari segi pengguna, pesawat angkut dibagi dua yaitu pesawat angkut komersial dan pesawat angkut militer. Dari segi kapasitas pesawat dibagi empat yaitu pesawat angkut ringan, pesawat angkut menengah, pesawat angkut berat, dan pesawat angkut sangat berat.

Ruang lingkup pesawat cargo terutama untuk kalangan sipil atau komersial biasanya digunakan untuk usaha adalah layanan kargo usaha yang dikelola oleh salah satu contoh perusahaan yaitu CARAKA CARGO yaitu layanan pengiriman Paket atau dokumen melalui transportasi pesawat udara, untuk menjangkau alamat tujuan dengan mengedepankan prioritas waktu pengantaran. Adapun door to door ke lebih dari 200 kota di seluruh indonesia, maupun port to port ke lebih dari 30 koa di seluruh indonesia.

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: