Apakah Seekor Burung Berpengaruh Dalam Suatu Penerbangan?


Nama : Herny Puspitasari

NIM     : 224109277

Kelas  : ZU 09

Kejadian seekor/sekumpulan burung yang menyerang pesawat sudah sering terjadi dalam dunia penerbangan. Tidak jarang jadwal penerbangan diundur atau bahkan pesawat yang sudah berada di udara harus mendarat darurat di airport terdekat karena insiden tersebut. Tapi, tahukah kalian apa yang sebenarnya dirusak oleh burung pada mesin pesawat? Lalu mengapa seekor burung yang menyerang pesawat dapat sangat mengganggu kelancaran penerbangan?

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas saya pun melakukan wawancara singkat dengan Capt. Bambang Wiedyasono yang merupakan pilot senior pada maskapai Garuda Indonesia. Capt. Bambang menjelaskan bahwa sebenarnya bagian pada pesawat yang dirusak oleh burung adalah turbin. Jika turbin pesawat rusak, jalannya mesin pun akan ikut rusak sehingga mesin menjadi tidak bisa bergerak dan tidak dapat berfungsi normal. Capt. Bambang juga memberitahukan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 6-12 jam untuk memperbaiki sebuah turbin yang rusak. Hal inilah yang menyebabkan penundaan jadwal penerbangan ketika pesawat diserang oleh burung.

Apakah penumpang di dalam pesawat bisa merasakan apabila pesawat yang sedang terbang di udara turbinnya diserang oleh burung? Ya, karena suatu turbin yang dirusak oleh burung dapat mengakibatkan jalannya pesawat terganggu, penumpang yang berada di dalamnya akan merasakan pesawat seperti terkena guncangan atau terasa seperti ketika sedang terjadi turbulensi. Jika hal itu terjadi, keputusan pertama yang harus segera diambil pilot yang mengendarai pesawat tersebut adalah mencari bandara terdekat untuk melakukan pendaratan darurat yang bertujuan untuk melakukan pengecekan pada mesin yang rusak akibat serangan burung.

Menurut saya kejadian burung yang menyerang pesawat merupakan suatu peristiwa yang tidak dapat diramalkan oleh siapa pun. Sikap waspada dan cepat mengambil keputusan merupakan hal wajib yang harus dimiliki oleh setiap pilot, terlebih jika terjadi hal seperti di atas. Jika hal seperti yang diceritakan di atas terjadi, seorang pilot yang sigap tentu sudah paham apa yang harus dia lakukan untuk menyelamatkan pesawat beserta para penumpangnya. Para pilot pun tentunya telah mendapatkan pelatihan untuk mewaspadai hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Sekumpulan burung yang merusak turbin pesawat juga harus mendapat perhatian serius oleh pihak maskapai, sehingga penanganan untuk memperbaiki mesin turbin yang rusak dapat segera dikerjakan. Jika pihak maskapai tidak cepat tanggap terhadap masalah ini, penumpang-lah sebagai pihak yang selanjutnya dirugikan, karena mereka harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa pergi ke tempat tujuan mereka masing-masing. Kerugian akibat insiden ini akan terasa kecil jika pihak maskapai dan pihak penumpang sama-sama memahami kepentingan kedua belah pihak dan bersedia membantu serta bekerja sama agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: