BAHAN BAKAR TUMPAH DI APRON, BERMASALAH?


NAMA             : Devi KusumaWardani

NIM                 : 224109098

KELAS            : ZU 09

Menurut pendapat nara sumber, Bayu Aji Pradityo sebagai AMC (Apron Movement Control) di bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau.Apabila bahan bakar di apron tumpah, seberapa besar dampaknya?

Sebenarnya kejadian bahan bakar tumpah di apron itu jarang terjadi.Namun jika ada hal demikian, maka hal tersebut akan menjadi masalah yang serius dan berdampak besar.Dikarenakan menyangkut keselamatan, keamanan, dan kenyamanan bagi pengguna jasa transportasi udara.Sehingga penanganan yang harus dilakukan oleh pihak bandara khususnya disini AMC apabila hal demikian terjadi adalah mengawasi dalam penyelesaian kebersihan bahan bakar tersebut sesuai prosedur bagi pihak yang menyebabkan bahan bakar itu tumpah di apron.Pihak yang menumpahkan bahan bakar tersebut harus membuat laporan kronologis kejadian mengapa hal demikian dapat terjadi? Apakah hal ini disengaja atau tidak sengaja?

Jika jumlah tumpahan bahan bakar yang tumpah itu sedikit, maka penanganannya dapat dibersihkan langsung oleh pihak yang menumpahkan bahan bakar tersebut sesuai prosedur. Dengan cara; memberikan sedikit pasir di atas tumpahan bahan bakar tersebut, setelah bahan bakar itu meresap ke dalam pasir dapat kemudian dibersihkan pasir-pasir tersebut, selanjutnya dibersihkan dengan air yang telah diberi campuran sedikit diterjen. Namun apabila jumlah tumpahan bahan bakar itu dalam jumlah yang banyak maka pihak bandara akan menyerahkan wewenang penanganannya kepada pihak pkppk. Dan pihak yang menumpahkan tersebut akan dikenakan charge.

Menurut pendapat saya, penanganan yang dilakukan oleh pihak bandara untuk masalah bahan bakar yang tumpah di apron itu sudah sesuai dengan prosedur.Dan hal demikian menjadi masalah yang serius. Sebab sepengetahuan saya sifat dari bahan bakar itu mudah terbakar apalagi jika terjadi gesekan antara ban pesawat yang terkena bahan bakar dengan landasan dapat menimbulkan percikan api. Selainitu ban pesawat dapat mengalami kerusakan atau penurunan kualitas daya kerja dari ban pesawat tersebut. Selain itu tumpahnya bahan bakar yang harus dibersihkan terlebih dahulu akan menimbulkan keterlambatan keberangkatan penerbangan yang akan merugikan pihak pengguna jasa transportasi dalam hal waktu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: