MENGAPA IPOD HARUS DIMATIKAN PADA SAAT TAKE OFF DAN LANDING?


Nama             : Marlinda Putri Santoso

Nim                 : 224109276

Kelas              : ZU-09

Pernah merasa bosan dalam penerbangan? Pasti pernah, apalagi kalau penerbangannya memakan waktu yang cukup lama. Biasanya apasih yang dilakukan kalau sudah merasa bosan? Tidur? Membaca buku? Memakan snacks yang disediakan oleh airlines? Atau sekedar bernyanyi tanpa suara mengikuti alunan lagu di ipod? Saya, lebih memilih yang terakhir. Ya, lebih baik mendengarkan ipod bahkan sampai tertidur. Tapi tahukah Anda mengapa benda seperti ipod tidak boleh dalam keadaan hidup ketika pesawat take off dan landing? Saya, bertanya-tanya mengenai hal ini.

Menurut Siska Amonalisa Silalahi SE, dosen yang mengajar di tempat kuliah saya, STMT Trisakti, ketika dalam keadaan take off dan landing, pesawat membutuhkan kekuatan sangat penuh untuk dapat melakukan take off dan landing tersebut. Lampu-lampu di dalam pesawat pun kadang harus dimatikan karena lampu dianggap tidak terlalu penting saat take off dan landing, supaya pesawat benar-benar mempunyai kekuatan penuh untuk take off dan landing. Pada saat take off dan landing, juga tidak diperbolehkan adanya gelombang elektromagnetik sama sekali karena dapat mengacaukan radar pesawat atau menyebabkan terganggunya sistem navigasi pesawat. Nah, ipod sendiri ketika dalam keadaan hidup mengeluarkan gelombang elektromagnetik, yang berarti gelombang tersebut dapat mengacaukan radar pesawat ketika dalam posisi take off dan landing. Kalau radar sudah kacau, sudah tau apa yang  akan terjadi selanjutnya bukan? Keadaan ini berbeda ketika pesawat dalam keadaan steady atau posisi pesawat stabil, kita baru boleh menyalakan ipod karena pesawat tidak membutuhkan kekuatan yang penuh lagi. Sebetulnya hal ini berlaku untuk semua alat elektronik seperti handphone juga, boleh dinyalakan ketika pesawat dalam keadaan steady. Tetapi semua airlines mencoba untuk meminimalisir resiko yang akan ditanggung bukan? Jadi sebaiknya alat-alat elektronik dimatikan saja.

Ketika sudah mendapatkan penjelasan mendetail seperti ini pun saya merasa lega dan akhirnya mengerti. Kenapa lega? Karena ternyata alasannya adalah untuk keselamatan kita semua. Dan nantinya tidak akan ada lagi “ocehan” seperti ‘ya ampun kenapa sih ribet banget pas take off sama landing mesti matiin ipod?’ ‘ya ampun kenapa ipod yang isinya cuma lagu-lagu atau game aja mesti dimatiin sih?’. Saya pribadi, setuju terhadap peraturan ini, bahwa ipod dan alat elektronik lainnya sebaiknya dimatikan saja ketika penerbangan berlangsung. Toh semua peraturan dibuat untuk melindungi keselamatan kita semua bukan? Tanpa ipod dan alat elektronik lainnya pun penerbangan tetap terasa nyaman. Tetapi jika kita mengalami penerbangan jarak jauh seperti ke luar negeri yang memakan waktu sangat lama dan merasakan bosan serta butuh teman perjalanan, ipod masih bisa menjadi sahabat setia kok.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: