Mengapa pilot kebanyakan laki-laki ?


NAMA             : DEVY SULIANTI

NIM                 : 224109184

KELAS           : ZU – 09

Nara sumber: Handoyo Ady, Pilot Garuda Indonesia

Sekarang kita lihat dari gender nya saja. Disetiap agama manapun laki-laki adalah seorang pemimpin bukan berarti seorang wanita tidak bisa memimpin. Akan tetapi laki-laki mempunyai banyak ide ketika dia dihadapkan dengan keadaan yang emergency, lebih memakai logika daripada rasa dan dalam mempertimbangkan sesuatu lebih cepat. Sedangkan wanita cenderung memakai rasa lebih lama daripada logikanya. Kita ambil contoh saat wanita sedang haid atau mulai hamil, perusahaan tidak mau mengambil resiko lebih untuk itu. Pilot yang berjenis kelamin laki-laki itu hanya sebagian besar dari seluruh pilot yang ada. Mayoritas seorang anak laki-laki bercita-cita sebagai pilot. Olehsebab itu kenapa pilot itu sebagian besar seorang laki-laki. Pilot wanita juga ada tapi hanya sebagian kecil. Semua tergantung kebijakan perusahaan itu sendiri untuk merekrut pilot wanita. Sekarang zaman emansipasi wanita, jadi wanita diberi kesempatan untuk mengekspresikan dirinya dalam bidang yang ekstrim.

Tanggapan :

Berarti seorang wanita condong untuk tidak menjadi seorang pilot. Bila dilihat dari naluri kewanitaannya bahwa wanita lebih besar perasaannya dibanding tindakannya. Tetapi dengan emansipasi wanita, wanitapun mempunyai hak yang sama dengan laki-laki untuk menerbangkan pesawat terbang atau menjadi pilot. Menjadi seorang pilot memang banyak di cita-citakan oleh laki-laki, tetapi kenyataannya seorang wanitapun dapat menjadi seorang pilot yang handal. Ini terbukti di Di Cina, seorang wanita cantik mampu menjadi pilot pesawat tempur. Di indonesia pun ada seorang pilot wanita walaupun jumlahnya tidak sebanyak pilot laki-laki. seperti pilot wanita ini, ia bernama Sarah Kusuma, ia tidak hanya menyinggahi kota-kota di pelosok nusantara, beberapa kota mancanegara seperti Singapura, Kuala Lumpur, Bangkok, dan Hongkong telah disinggahinya. Ia juga tak hanya menerbangkan Boeing 737 tipe klasik tetapi juga yang mutakhir: Boeing 737 Next Generation. Sekarang ia menjadi pilot wanita di lingkungan maskapai terbesar di Indonesia. Ini membuktikan bahwa wanita juga mampu menjadi seorang pilot yang handal. Walaupun memang banyak faktor lain diluar itu yang dapat mempengaruhi seorang wanita tidak condong menjadi seorang pilot.

Menjadi seorang pilot tidaklah mudah. Harus mempunyai jam terbang yang lama. Profesi pilot tak lepas dari pendidikan. Mulai dari training yang harus dilalui untuk bisa menerbangkan jenis pesawat tertentu, hingga training yang dipersiapkan untuk standar keselamatan yang harus dijalaninya tiap 6 bulan. Sehingga pilot tersebut dapat menerbangkan pesawat dengan baik dan benar. Dengan demikian penumpang akan merasa nyaman dan tenang untuk menggunakan pesawat terbang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: