Apakah dunia politik berpengaruh terhadap dunia penerbangan?


Nama             : Silvi Nur Octavia

Nim                 : 224109123

Kelas              : ZU 09

Menurut Bapak Yusuf Sjioen dosen Hukum Udara di STMT Trisakti “Peraturan di bidang penerbangan itu tidak dipengaruhi oleh negara karena semua diatur oleh badan penerbangan sipil dunia. Dan anggaran di BUMN atau kementrian tidak berpengaruh pada dunia penerbangan, yang berpengaruh yaitu dari internal perusahaan penerbangan itu. Seperti disiplin atau tidaknya mengikuti maintenance, program-program penyiapan pesawat yang handal, dan program-program penbentukan SDM yang handal. Semua hal tersebut internal perusahaan yang menentukan.

Jika dari luar perusahaan penerbangan seperti regulator dan perhubungan atau pelaksanaan angkasa pura, mereka tidak berpengaruh terhadap ini semua (bersifat independen)”.

Tetapi menurut saya, dunia politik memang tidak punya pengaruh besar terhadap dunia penerbangan tetapi tetap punya pengaruh walaupun kecil. Yang dipengaruhi hanyalah pihak pengelolanya, yaitu pihak angkasa pura. Karena angkasa pura adalah BUMN (milik negara). Karena setiap tahunnya negara mempunyai anggaran-anggaran untuk di setiap bidang yang ada di negara ini, jadi otomatis ini berpengaruh terhadap pengalokasian dana ke pihak angkasa pura. Jika pihak airlines, mereka tidak terkena dampaknya karena mereka mempunyai organisasi khusus dalam pembenahan dan pengoprasian penerbangan tersebut.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: