Apakah setiap airline menggunakan program e-ticket yang sama?


NAMA            : Fifi Shofiyah

NIM                : 224109005

KELAS           : ZU 09

Narasumber : Sulistyo Nugroho, ST. – Publication Analyst, OSP Departement GarudaIndonesia.

E-ticket setiap Airline menggunakan program yang berbeda. Seperti halnya lini bisnis lainnya atau katakanlah suatu company, tentu mereka ingin memiliki diferensiasi sistem / manajemen / kontrol antara company yang satu dengan yang lainnya. Jika ada kesamaan, kemungkinan Developer-nya yang sama, sebagai contoh untuk penerapan SAP system atau Abacus system. Tp tetap untuk “Product Software” / End Result msg2 Airline akan berbeda. Sebagai contoh di GA, untuk TA (Travel Agent) dengan Service Center menggunakan 2 Product Software yang berbeda walaupun intinya adalah untuk reservasi tiket.

Untuk tiket GA misalnya, memiliki unique code untuk Ticket Number dan Booking Code. Untuk Ticket Number akan selalu diawali dengan 126*** sedangkan untuk Booking Code itu diawali dengan huruf Q/R, selain itu adalah salah. Dengan demikian, tidak akan mungkin ada pemalsuan tiket karena setiap calon penumpang yang sudah issued ticket / booking tentunya akan teregistrasi dalam database kita. Jadi untuk pemalsuan tiket, sangatlah sedikit kemungkinannya.

 

Tanggapan :

e-ticketing atau electronic ticketing adalah suatu cara untuk mendokumentasikan proses penjualan dari aktifitas perjalanan pelanggan tanpa harus mengeluarkan dokumen berharga secara fisik atau paper ticket.

Mulai saat ini dengan adanya e-ticketing, system reservasi tiket manjadi semakin mudah, cepat, dan sangat praktis. Tetapi di sisi lain belum semua orang mengerti dan memahami tentang internet, sehingga ini menjadi salah satu kendala e-ticketing. Selain itu, masih ada kekhawatiran mengenai jaminan keamanan atau kode-kode kartu kredit, atm, dll setelah pembayaran transaksi.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: