Rencana Pembangunan Terminal Kargo Baru di Sekitar Bandara Soekarno-Hatta


Nama : Dendy Febriansyah

Nim    : 224109171

Kelas  : S1 MTU D 09

Kargo adalah barang yang diangkut untuk kepentingan komersial yang umumnya oleh kapal, kereta api, truck atau pesawat terbang. Perusahan pengiriman kargo pun ada yang memilih melalui jalur darat, laut ataupun udara.

Terminal kargo tersibuk di Indonesia adalah bandara Soekarno-Hatta. Mulai dari pengiriman dalam negeri hingga pengiriman keluar negeri.

Di bandara Soekarno-Hatta pun daya tampung terminal kargo sudah overload hingga 83%. Hingga PT. Angkasa pura berencana akan merelokasikan terminal kargo ke area barat kawasan pelabuhan udara itu. Dana yang akan dipergunakan diperkirakan melebihi Rp 900 miliar, karna mendirikan bangunan baru. Menurut direktur utama Angkasa Pura, dana tersebut akan menggunakan kas sendiri dan juga pinjaman. Perelokasian dari area timur itu dimulai secara bertahap dan dilakukan mulai 2016.

AP II juga akan membahas pembangunan jalan khusus bagi angkutan kargo di terminal kargo yang baru tersebut, sehingga arus lalu lintas tidak terganggu. “Harus ada koordinasi antara AP II, Kementerian Pekerjaan Umum, dan pemda, untuk membicarakan akses khusus angkutan kargo. Sudah saatnya aksesibilitas tidak bercampur dengan kendaraan penumpang,” kata tri.

Selain itu, desain prasarana yang ada sekarang juga bukan sebagai terminal kargo tetapi masih ke pergudangan sehingga sistem penanganan arus keluar masuk barang cenderung menggunakan fasilitas seadanya dengan sistem manual.

Bangunan lama atau baru, yang paling penting adalah mengutamakan keamanan dan keselamatan para pelaku kegiatan pergudangan, serta mempunyai tujuan untuk memajukan mutu dan kualitas pergudangan di Indonesia khususnya di Bandara Soekarno-Hatta..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: