Strategi Pemasaran Jasa Ground Handling Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing


NAMA : ISTI NOVIANTI
NIM : 224109078
KELAS : S1 MTU – D
Saat ini maskapai penerbangan tidak melaksanakan kegiatan penanganan pesawat udara selama berada di darat, melainkan menunjuk perusahaan ground handling yang ada, karena selain lebih efisien, murah dan maskapai penerbangan akan lebih fokus kepada core business, yaitu menjual tempat duduk (seat) kepada para konsumen. Kondisi ini telah memicu tumbuhnya beberapa perusahaan ground handling di setiap bandara udara (airport) di Indonesia.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor eksternal dan internal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran jasa yang diterapkan oleh perusahaan, mendapatkan strategi pemasaran perusahaan dalam menghadapi persaingan pada jasa ground handling tahun 2008-2010.
Metoda analisis yang digunakan dalam menganalisis pokok masalah penelitian ini adalah dengan metoda TOWS analisis.
Hasil analisis dari formulasi strategi perusahaan pada kondisi eksternal, meliputi peluang sebagai berikut : stabilitas politik yang telah mapan baik di pusat maupun di seluruh daerah di Indonesia; Ancaman, penerapan law enforcement yang masih rendah. Pada kondisi internal yang berpengaruh terhadap strategi pemasaran yang meliputi kekuatan, yaitu perusahaan memiliki jaringan operasi pelayanan jasa ground handling yang sangat luas, kelemahan yaitu pengendalian manajemen pelayanan ground handling yang rendah. Pada strategi pemasaran perusahaan tahun 2008-2010 meliputi strategi pemasaran yaitu upaya pemasaran secara maksimal untuk meningkatkan jumlah pelanggan dan pangsa pasar sebesar 25%. Usulan implementasi program pemasaran yaitu, product, price, place, promotion dan proses.
Hendaknya perusahaan tetap memperhatikan kelemahan yang dimiliki perusahaan dan segera melakukan perbaikan, serta perlunya evaluasi strategi penetrasi pasar bila terjadi perubahan-perubahan yang signifikan pada kondisi eksternal dan internal perusahaan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: