Kabut Asap Tunda Jadwal Penerbangan di Palangkaraya


NAMA : DASYAT BHENGKAS P

NIM : 224109345

KELAS : S1 MTU M TUGAS III

    Jadwal penerbangan di Bandara Tjilik Riwut, Palangkaraya, Kalimantan Tengah mulai terganggu kabut asap tebal akibat kebakaran hutan. Sejumlah jadwal terbang pesawat dari Jakarta tujuan Palangkaraya terpaksa ditunda karena jarak pandang hanya 200 meter. Padahal jarak pandang minimal pilot sekitar 500 meter.

Sriwijaya Air merupakan salah satu maskapai yang menunda jadwal terbang pesawatnya . Seharusnya pesawat dari Jakarta tujuan Palangkaraya berangkat puluk 09.30. Tapi, sampai pukul 13.00 pesawat belum dizinkan berangkat. ?Terpaksa ditunda sampai jarak pandang di landasan minimal 500 meter,? kata Distric Manager Sriwijaya Air Cabang Palangkaraya, Budiman di Palangkaraya, Kamis (21/9).

Budiman tidak bisa memastikan apakah penerbangan tujuan Palangkaraya tetap ditunda atau dialihkan ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Tidak menutup kemungkinan penerbangan dibatalkan jika kondisi tidak memungkinkan. ?Sejauh ini masih dalam status tunda,? katanya.

Sementara itu, Kepala Badan Meteorologi dan Giofisika Bandara Tjilik Riwut Palangkaraya, Hidayat mengatakan bahwa kabut asap kali ini tidak memungkinkan pilot mendaratkan pesawat. Pendaratan sebenarnya bisa dilakukan dengan Instrument Landing System (ILS). ?Cuma jarang digunakan karena pilot tidak mau ambil risiko,? katanya.

Menurut Hidayat, asap kabut ini tidak akan hilang jika matahari tidak bersinar di langit Palangkaraya. Sinar matahari biasanya diiringi angin yang bisa membawa kabut asap. ?Kalau matahari tidak keluar kabut tidak berubah.

seharusnya pihak Bandara dan pihak maskapai penerbangan menyiapkan fasilitas-fasilitas tambahan kepada penumpang agar  tidak merasa bosan selama menunggu pesawat yang delay, selain itu juga pengembalian biaya sebesar 50% dari besar biaya pembelian tiket seharusnya diterapkan jika pesawat delay terlalu lama, hal ini bertujuan agar memberikan rasa kepercayaan dan kepuasan penumpang terhadap pihak maskapai penerbangan yang digunakan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: