MELONJAKNYA BIAYA KARGO SETELAH ADANYA ‘ RA ‘


NAMA : SIFA CHOIRUNISYAH
NIM: 224109023
KELAS : S1 MTU D

 

Kalau kita bicara tentang cargo, tentu tidak akan lepas dari kegiatan impor dan ekspor, yang tidak mau harus berurusan dengan Pabean , untuk pembayaran pajak / tax dan izin pengeluaran pemasukan barang dari gudang atau pabean. Sehubungan dengan gudang, kita mengenal ada 3 gudang yaitu Gudang impor, Gudang Ekspor dan Gudang Rush Handling .Dengan adanya Aturan regulated agent atau agen inspeksi bikin gerah pengusaha. Bukan cuma jasa pengiriman ekspor-impor, melainkan juga pengiriman domestik. Lonjakan tarif hingga tata kelola pengamanan barang membuat kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri Indonesia menghadap Menteri Perindustrian MS Hidayat di Kantor Kementerian Perindustrian, Sebenarnya tidak ada masalah lagi dengan keberadaan regulated agent. Sosialisasi sudah dikerjakan dan pelaku usaha telah mengetahuinya. Sekarang ini, perdebatan yang ada tinggal soal biaya pemeriksaan. Banyak pertimbangan yang harus diperhatikan supaya tidak mengancam daya saing Indonesia, mengingat mahalnya biaya pemeriksaan kargo dan pos akibat sangat terbatasnya perusahaan agen inspeksi (regulated agent). Biaya pemeriksaan naik dari Rp 60 per kilogram menjadi Rp 600-Rp 850 per kilogram.
Namun, pemerintah memastikan, dengan regulated agent, takkan ada lagi biaya-biaya tidak resmi. saat ini sebelum regulated agent diterapkan , sebenarnya biaya pemeriksaan kargo dan pos mendekati angka Rp 600 per kilogram atau lebih mahal. Akan tetapi, biaya tersebut tidaklah resmi dan ditempuh pelaku usaha supaya pemeriksaan berjalan cepat.
pengusaha membutuhkan kepastian. Dengan adanya regulated agent, biaya siluman atau tidak resmi yang terjadi di lapangan betul-betul bisa diberantas, barang yang dikirim tetap aman, dan bisa sampai tujuan sesuai jadwal. Taruhannya adalah reputasi bisnis.. kebijakan ini memang sangat baik, tetapi bisa sangat memberatkan. Adanya tambahan biaya pemeriksaan dan tambahan waktu bertolak belakang dengan usaha pemerintah dalam meningkatkan daya saing

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: