Penumpang Pesawat Sakit? Wajib Periksa sebelum Boarding


Nama : Pebrianto Nugroho

Nim : 224109147

MTU D (09)

Bagi calon penumpang pesawat yang terindikasi sakit diwajibkan untuk melapor ke klinik kesehatan di Bandara Hang Nadim Batam sebelum melakukan boarding.

Hal tersebut sengaja di lakukan guna menghindari hal yang tak diinginkan selama penerbangan. Calon penumpang yang diwajibkan melapor ke klinik kesehatan penerbangan bandara antara lain Hipertensi (darah tinggi) dan jantung serta bagi wanita yang sedang hamil.

Hal tersebut di ungkapkan olah Flight Surgeon (dokter ahli penerbangan) di Klinik kesehatan penerbangan bandara Hang Nadim Batam, dr Candra F Usman saat di tenmui Tribunnews Batam. Selain itu, Candra juga menjelaskan bahwa awal bulan Oktober 2011 itu, klinik kesehatan penerbangan bandara sudah memeriksa 70 orang yang akan naik atau turun dari pesawat.

Pemeriksaan tersebut, tambah Usman, terbilang sangat penting mengingat untuk keselamatan mereka sebelum dan selama penerbangan.

“Hipertensi ini cukup rawan. Ada batas toleransi seseorang yang mengalami hipertensi boleh menaiki pesawat. Jika tidak diobati, saat naik pada ketinggian tertentu bisa mengakibatkan pembuluh darahnya pecah atau mengakibatkan tersumbatnya syaraf dan menjadi lumpuh,” terang Candra F Usman.

“Jika mereka lapor, ada petugas klinik yang akan memberikan saran, obat, atau hal-hal lainnya untuk kesehatan calon penumpang yang bersangkutan. Selain itu saya mengharapkan calon penumpang untuk jujur kepada petugas yang ada,” tegas Usman.

Selain itu,Flight Nurse (perawat ahli penerbangan) Suharyati SKep menuturkan, selama ini masih banyak masyarakat yang belum sadar tentang keselamatan penerbangan. Artinya, calon penumpang tiba di bandara sudah mengalami sakit dan tidak segera melapor ke klinik.

“Selama ini banyak masyarakat yang belum memahami. Padahal kesadaran ini sangat membantu kelancaran dan keselamatan penerbangan. Jka sudah tiba di bandara lalu mengalami sakit ya mintalah petugas untuk mengantarkan ke klinik, biar diperiksa dan diobati. Jangan diam saja dan menunggu pingsan dulu,” terang Suharyati.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: