Apa Penyebab Banyak Barang Selundupan Dapat Masuk ke Indonesia?


Nama : Ummi Ade Rocheni

Nim     : 224109265

Kelas  : ZU 09

Barang selundupan merupakan barang yang dapat masuk ke suatu negara padahal barang tersebut dilarang masuk ke suatu Negara atau barang yang dikenakan Pajak Besar bila masuk ke suatu Negara tetapi dapat masuk ke Negara tersebut dengan pajak yang minim . Nah bagaimana barang selundupan tersebut dapat di peroleh? Apa factor utama penyebab barang tersebut bisa masuk ke Indonesia?

Kemudian hal ini saya tanyakan kepada Bapak Abd . Azis sebagai Petugas Bea dan Cukai yang ditempatkan di Bandara Halim Perdanakusuma . Beliau menjawab bahwa , “Banyak barang selundupan yang masuk ke Indonesia lewat Bandara Halim Perdanakusuma biasanya dilakukan oleh Perusahaan Cargo dan Petugas Pemeriksa yang nakal , biasanya barang tersebut tidak mempunyai dokumen resmi atau dokumen yang tidak lengkap tetapi di perbolehkan masuk oleh petugas yang telah bekerja sama dengan perusahaan Cargo tersebut . Selain itu bisa juga karena ketidakdisiplinan petugas pemeriksa sehingga barang selundupan tersebut dapat masuk ke indonesia” .

Tanggapan Saya :

Saya sebagian setuju dengan pendapat beliau tentang kesalahan sebagian petugas pemeriksa yang kurang disiplin . Tetapi juga harus di lihat dari sisi lain , tidak semua kesalahan dapat dilimpahkan kepada petugas pemeriksaan barang , bisa saja dari kesempatan perusahaan Cargo tersebut melihat kelemahan petugas pemeriksaan barang . Maksudnya adalah Perusahaan Cargo dapat mengetahui kapan petugas pemeriksaan lengah atau tidak terlalu ketat melakukan pemeriksaan , misalnya pada malam hari , disaat para petugas telah lelah dan tidak teliti . Biasanya petugas akan melakukan pemeriksaan seadanya . Sehingga barang selundupan tersebut dapat masuk ke Indonesia . Bisa juga barang tersebut lolos dari pemeriksaan karena telah ada kerja sama dengan petugas tertentu yang turut andil dalam melakukan pemeriksaan .

Tetapi sebagian barang selundupan yang masuk ke Indonesia adalah barang yang berkualitas kurang bagus . Biasanya adalah barang – barang teknologi , walaupun begitu , sebagian masyarakat kita tetap mencari barang tersebut dikarenakan harga yang murah dan juga merupakan Life Style . Kalau sudah begini , negara merugi karena pengurangan pajak begitu juga konsumen dengan barang berkualitas kurang baik .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: